Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas Gramedia Rilis Kisah Cinta Putri Timor Timur dan Wartawan Indonesia

Kompas.com - 31/08/2015, 16:38 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Ditengah konflik yang berkecamuk antara Timor Timur (Timor Leste sebelum merdeka) dan Indonesia di tahun 1999, ada sepenggal kisah cinta indah antara dua anak manusia dengan latar belakang yang berbeda.

Andrea, pria yang berprofesi sebagai wartawan dari Indonesia bertemu dengan cinta sejatinya, Helena, putri Timor Timur yang menjalani kehidupan penuh kegetiran karena konflik berkepanjangan di daerah asalnya.

Tantangan cinta dua anak manusia tersebut memiliki latar belakang sejarah penting antara Indonesia dengan Timor Leste pada tahun 1975 dan tahun 1999.

Cerita romantis antara Andrea dan Helena menjadi jalan cerita utama dalam buku terbaru karya Eurfasia Vieria, yang berjudul Vittoria Helena's Brown Box.

Eufrasia Vieria, penulis wanita berdarah Timor Leste serta rekan penulis, Les D. Soeriapoetra, mengklaim bahwa karya mereka ini merupakan buku pertama yang diterbitkan dengan latar belakang sengketa antara Timor Leste dan Indonesia yang terjadi selama belasan tahun silam.

Pada acara peluncuran buku Vittoria Helena's Brown Box di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta (31/8/2015), Eufrasia mengatakan bahwa ide cerita dan gagasan menulis buku ini muncul beberapa tahun silam, ketika dia sedang duduk di dapur kecilnya di London, Inggris.

Lalu, Eufrasia juga mengatakan bahwa kisah ini juga terinspirasi dari kejadian-kejadian nyata keluarganya yang mengalami konflik di Timor Timur pada tahun 1999.

"Buku ini bukan buku sejarah, tetapi berlatar belakang sejarah, yang membedakan kisah asmara dari buku lainnya adalah masa yang penuh kebencian, kekerasan, dan aksi kekejian. Ketika ada kisah cinta dari sepasang anak manusia dengan latar belakang yang berbeda tentunya sangat menarik," ujar Rosiana Silalahi, yang hadir sebagai pembahas di peluncuran buku.

Eufrasia menuturkan, bukunya ini memiliki tujuan untuk perdamaian serta kerukunan antara Timor Leste dan Indonesia yang semakin erat. "Buku ini ada untuk membantu dan terhubung dengan orang-orang yang mengalami hal yang sama. Untuk membangun negara dan masa depan yang lebih baik," terang Eufrasia.

Seluruh kisah cinta di masa peperangan antar dua anak manusia dituangkan oleh Eufrasia pada 472 halaman buku yang sudah hadir di seluruh toko buku Gramedia, dan dibanderol dengan harga Rp 85.000. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com