Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2015, 13:00 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Napoleon Hill, penulis dari buku terlaris sepanjang masa Think and Grow Rich memaparkan beberapa hal yang umumnya dilakukan oleh orang-orang yang banyak disukai. Detail tersebut ia tuangkan dalam sebuah esai berjudul, "The Science of Success". Dilansir dari situs TIME, berikut adalah 10 perilaku yang bisa menjadi panutan untuk menjadi selalu yang disukai:

1. Kepribadian positif

Orang yang memiliki perilaku serta mental positif umumnya akan mudah terlihat dan dirasakan oleh orang lain. Dengan kepribadian yang positif, seseorang akan lebih mudah sukses dan memiliki reputasi lebih baik.

2. Percaya diri, bersahabat, dan disiplin

Dengan berbicara jelas penuh percaya diri, nada suara seseorang dapat berubah menjadi lebih enak untuk didengar dan bersahabat. Kurangi berbicara terlalu cepat atau dengan intonasi nada yang selalu tinggi.

3. Perhatikan lawan bicara

Hill mengatakan bahwa memperhatikan lawan bicara adalah cara paling mudah untuk menjalin persahabatan. Jadi, sebisa mungkin jangan sampai tidak ada kontak mata saat berbicara.

4. Sabar dalam segala keadaan

Terlalu berlebihan dalam beraksi dapat memberi efek positif hingga negatif yang dapat mempengaruhi impresi. "Ingatlah bahwa diam bisa menjadi lebih efektif dari kalimat marah Anda," ujar Hill.

5. Berpikiran terbuka

Orang-orang yang berpikiran terbuka terhadap ide-ide baru tak hanya memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri sendiri, namun juga dapat meningkatkan karier mereka.

6. Murah senyum

Rahasia sukses mantan Presiden Amerika Serikat, Franklin D. Roosevelt adalah murah senyum. Saking seringnya ia melakukan hal tersebut, ia dijuluki "million-dollar smile". Menurut Hill, orang-orang cenderung akan menurunkan garis batas diri mereka saat seseorang mulai menunjukkan sifat murah senyum.

7. Pertimbangan matang

Orang yang disukai banyak orang biasanya akan mempertimbangkan dengan matang sebelum mulai berbicara. Menyadari bahwa tak semua pemikiran dapat diekspresikan, akan terasa lebih baik.

8. Tidak pamrih dan belajar dari kesalahan

Relasi yang paling baik adalah saat membantu orang lain namun tak mengharapkan imbalan. Sikap seperti ini akan membangun hubungan yang lebih kuat dan berbuah baik. Alih-alih menggerutu dari sebuah kesalahan baik sengaja maupun tidak, seorang yang sukses akan belajar dari kesalahan yang dilakukan dan menjadi lebih bijak.

9. Tahu memperlakukan orang lain

Kebanyakan orang yang disukai akan memperlakukan lawan bicaranya dengan sangat penting, memuji dengan jujur, dan memberi kesempatan mereka untuk berbicara mengutarakan pendapatnya.

10. Jujur pada diri sendiri

Hal yang terpenting, pribadi yang mudah disukai banyak adalah pribadi yang tidak berpura-pura atau sengaja untuk disukai. Tujuan mereka adalah berperilaku yang baik dan tulus. Hal tersebutlah yang membuat terus berkembang ke arah positif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber TIME.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.