Kompas.com - 01/09/2015, 20:30 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Dalam sebuah pernikahan, bercinta menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi keharmonisan dan kemesraan antara Anda dan pasangan. Setiap pasangan tentu ingin memiliki kehidupan seks yang bahagia, salah satunya dengan gairah bercinta yang tahan lama dan tidak cepat padam.

Namun, ternyata selama ini ada kesalahpahaman tentang mempertahankan gairah bercinta agar tahan lama. Menurut para peneliti dari Winona State University, Amerika Serikat, kebanyakan pria salah paham dalam memaknai istilah "bercinta yang memuaskan" dan "bercinta tahan lama."  Kedua hal ini tidak dipikirkan oleh para wanita.

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pikirkan selama bercinta agar gairah Anda dan pasangan susah padam hingga mencapai puncak kenikmatan. Berikut uraiannya.

Pertama, ketika Anda berhubungan seks, Anda harus pula merasakan kebahagiaan. Sebab, inti dari bercinta adalah kepuasan serta kebahagiaan kedua belah pihak, baik Anda maupun pasangan. Sehingga, penting juga untuk mempertimbangkan kenikmatan untuk Anda, tidak hanya untuk memuaskan pasangan.

Kedua, ada baiknya Anda mengusir kecemasan dan kekhawatiran yang berlebih selama bercinta. Menurut Michael Perelman PhD, seorang profesor psikologi klinis dan kedokteran reproduktif dari Cornell University, Amerika Serikat, mengatakan bahwa mendistraksi diri sendiri guna menghalau kecemasan adalah hal yang sia-sia. Adapun kekhawatiran utama saat bercinta adalah terlalu cepat mencapai orgasme.

"Bukan gairah seks yang menjadi sumber kekhawatiran. Ketika Anda merasa akan segera mencapai orgasme, Anda akan mulai cemas. Kecemasan ini akan menyulut sistem saraf yang akan mempercepat ejakulasi. Agar gairah seks tahan lama, Anda harus merasa tenang," ujar David Rowland PhD, profesor psikologi di Valparaiso University.

Menurut Rowland, cara paling mudah untuk mengusir kecemasan kala bercinta adalah fokuskan pikiran pada betapa luar biasanya sesi bercinta yang Anda jalani saat ini bersama pasangan.

"Apabila Anda menikmati sensasi bercinta, Anda tidak akan fokus pada pikiran bagaimana kalau Anda mengalami ejakulasi dini," jelas Rowland.

Rowland menyarankan, mulailah memperhatikan sesuatu yang spesifik. "Anda bisa memikirkan dan memperhatikan bibir pasangan, deru nafasnya, atau gerakan pinggang atau bahunya," saran Rowland.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.