Bagaimana Gaya Berbusana Tertutup Bisa Lebih Terlihat Trendi dan "Stylish"?

Kompas.com - 02/09/2015, 17:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Tahun 2015 ini busana muslim syar'i semakin dikenal oleh masyarakat. Busana syar'i bagi muslimah sendiri sebenarya merupakan aturan berbusana yang telah diatur dalam kitab suci Al-Quran. Penggunaan hijab yang menutupi kepala, pemilihan material bahan yang tidak tembus pandang, tidak melekuk tubuh, dan tertutup adalah aturan berbusana yang mengusung nilai-nilai syar'i. 

Sayangnya, tak banyak wanita muslimah yang percaya diri mengenakan jenis hijab syar'i ini. Hal tesebut disampaikan oleh Fitri Aulia serta Dian Marina, desainer busana muslim yang bekerjasama dengan e-commerce HijUp.com. "Banyak muslimah yang punya pikiran tidak dapat beralih ke busana syar'i karena sulit meninggalkan gaya busana lama yang sesuai karakternya," ujar Fitri, desainer dari label busana muslim, KIVITZ, di acara talkshow "Syar'i Lifestyle" yang diselenggarakan di Pondok Indah Golf, Jakarta (28/8/2015).

Tak hanya itu, gaya desain busana syar'i seringkali diidentikkan dengan tampilan kurang segar alias atau bahkan tidak sesuai karakter jaman sekarang yang lebih muda. Padahal, menurut Fitri dan Dian, gaya berbusana syar'i juga dapat terlihat trendi, modern, stylish bahkan kekinian. Tentunya selama padu padan yang diterapkan cukup tepat dan tidak menyalahi aturan. "Mudah, kok. Misalnya saja kalau kita ingin tampil lewat model busana yang panjang dan polos, bisa cukup ditambahkan dengan luaran bernuansa kontras yang menarik," ujar Fitri.

Ia juga mengatakan bahwa rancangan busana syar'i miliknya kebanyakan mengusung siluet modern dari unsur "fit and flare" atau dengan kata lain terlihat sesuai dengan bentuk badan pada bagian atas dan nyaman tertutup pada bagian bawah. Hal ini bertujuan memudahkan para muslimah untuk beraktivitas. "Saat pemilihan warna padu padan, coba hindari palet yang terlalu menarik perhatian. Jika tetap ingin mengenakan warna terang, cobalah menetralkannya dengan nuansa lebih tone down. Hindari untuk membuat warna yang dikenakan seolah berteriak," tambah Fitri menjelaskan. 

Dian selaku desainer dari busana muslim label Missmarina memberi tambahan saran juga agar wanita lebih jeli dalam memilih potongan serta rona tampilan untuk busana syar'i. Pemilihan aksen tertentu seperti detail kristal menyala atau manik-manik secara tidak langsung dapat membuat tampilan busana syar'i menjadi lebih modern dan masa kini. 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.