Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2015, 20:00 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Meluangkan waktu untuk berolahraga di tengah kesibukan dalam bekerja dan menghabiskan waktu bersama keluarga bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi, kalau tidak berolahraga secara rutin, maka tubuh akan mudah lelah dan bisa jadi malah mudah terserang penyakit yang tentunya akan mengganggu kinerja dalam bekerja.

Nah, ada tren baru yang sedang digemari oleh banyak profesional di Amerika Serikat. Agar aktivitas olahraga dan urusan pekerjaan tidak ada yang terlewatkan, maka mereka memilih untuk mengganti kebiasaan mereka dari rapat di kantor, restoran, atau kafe menjadi rapat sambil berolahraga atau sering disebut dengan sweatworking. Selain itu, perjalanan dinas pun kini kerap diisi dengan bersepeda atau jogging bersama rekan kerja sambil membahas urusan pekerjaan.

"Bekerja di bidang public relations membuat saya selalu menjamu klien atau media. Saya merasa bahwa memulai hari dengan berolahraga dan menikmati sarapan dengan seseorang jauh lebih produktif ketimbang mengonsumsi kalori berlebih dan pesta di malam hari. Namun, ketika usia bertambah dan karier menanjak, saya memiliki waktu dan energi yang minim untuk pertemuan di malam hari. Mencoba untuk berolahraga bersama rekan kerja adalah cara yang bagus untuk saling mengenal," ujar Shana Scala, pendiri SRS Entertainment Inc.

Bahkan, beberapa perusahaan pun memanfaatkan kegiatan olahraga sebagai ajang untuk mempererat ikatan internal perusahaan dan manajemen kesehatan. Salah satu hotel khusus untuk perjalanan bisnis di Hawaii bahkan melaporkan terjadinya peningkatan rapat sambil berselancar.

"Rapat sambil berselancar atau board meetings memungkinkan mereka yang melakukan perjalanan bisnis menikmati air laut di kepulauan ini dan pemandangan alam yang spektakuler sambil melakukan kegiatan bertukar pikiran bersama kolega dan rekan kerja. Ini adalah pilihan yang sangat baik dimana menjanjikan perjalanan dengan tidak hanya bekerja, tapi juga bersenang-senang," ungkap Theresa Lozie, Direktur Promosi Aqua-Aston Hospitality.

Pada tahun 2013 lalu, seorang penulis bernama Nilofer Merchant menyatakan bahwa perubahan sederhana dalam pekerjaan sebenarnya akan memberikan dampak yang begitu dramatis. Menurut Merchant, generasi saat ini terlalu banyak duduk. Sehingga, rapat sambil duduk di restoran atau kafe sebaiknya mulai ditinggalkan.

"Ketimbang rapat di kafe atau tempat dengan cahaya temaram, saya meminta rekan kerja untuk rapat sambil jogging atau jalan santai sejauh 20 hingga 30 mil seminggu sekali. Rutinitas ini benar-benar mengubah hidup saya. Ada hal yang luar biasa ketika kita berpikir di luar kebiasaan yang akan melahirkan pemikiran luar biasa," jelas Merchant.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber today.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.