Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2015, 15:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber TIME.com

KOMPAS.com - Memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan berbelanja rutin di pasar swalayan, super market ataupun pusat perbelanjaan lain, faktanya bukanlah sebuah persoalan mudah. Terkadang, dana yang telah disiapkan lebih sering jadi berlebih akibat adanya pengeluaran tak terduga dari penawaran produk yang dianggap menarik. Cobalah ikuti beberapa tip yang dilansir dari situs Time berikut ini. Semoga berguna untuk menghemat pengeluaran saat berbelanja memenuhi kebutuhan rumah tangga.

1. Buatlah daftar belanja sedetail mungkin

Siapkan daftar belanja sebelum Anda pergi ke tempat tujuan untuk mendapatkan kebutuhan. Buat daftar sesuai urutan dari yang terpenting hingga bisa ditunda. Tulislah pada secarik kertas atau pada perangkat smartphone Anda. Yang utama dari hal ini adalah jangan sampai "keluar jalur" dari daftar tersebut. Jadi cobalah taati!

2. Buat contekan harga belanja dari rumah

Siapkan kalkulator dan cobalah menempatkan estimasi harga kemudian hitunglah dana yang harus Anda siapkan nanti. Jangan lupa untuk membawa contekan ini saat pergi berbelanja.

3. Jadilah anggota tempat belanja langganan untuk meraih program menarik

Sekarang ini banyak pasar swalayan atau super market yang menawarkan program menjadi anggota belanja. Coba perhatikan apakah program keanggotaan tersebut memiliki keuntungan yang mumpuni. Siapa tahu ada potongan harga, promosi atau penawaran menarik lain yang membuat Anda dapat berhemat tiap kali berbelanja.

4. Biasakan bayar dengan uang tunai

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang akan menghabiskan 18 persen lebih banyak pengeluaran saat melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai. Tak hanya kartu kredit, kartu debit Anda juga sama bahayanya. Siapkan uang kas di dompet saat berbelanja, dan ingatlah untuk berbelanja sesuai jumlah uang yang Anda siapkan.

Mengapa sangat penting untuk berbelanja sesuai daftar yang telah Anda buat? fakta menyebutkan bahwa kebanyakan orang yang Mengapa sangat penting untuk berbelanja sesuai daftar yang telah Anda buat? Fakta menyebutkan bahwa kebanyakan orang yang menghabiskan waktunya untuk memenuhi kebutuhan di pasar swalayan atau super market, memiliki 14 jenis barang belanjaan yang ternyata sama sekali tak penting.

Dalam satu tahun diperkirakan sebanyak 600 dollar AS atau setara dengan Rp 8 juta terbuang percuma hanya karena mengonsumsi barang yang tak penting dari pasar swalayan. Jadi, cobalah mulai sekarang untuk melakukan empat tips di atas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TIME.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com