Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Mudah Miliki Reputasi Baik di Pekerjaan Baru

Kompas.com - 09/09/2015, 09:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Anda yang bekerja di dunia profesional pasti ingin memiliki kinerja yang baik agar karier pun dapat kian menanjak. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya menunjukkan reputasi yang baik di lingkungan kerja. Akan tetapi, tanpa sadar beberapa kebiasaan di kantor malah tanpa disadari dapat membuat reputasi Anda tercoreng.

Mengutip situs Cosmopolitan, ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan guna senantiasa menunjukkan reputasi yang baik dalam pekerjaan, apalagi jika Anda baru saja direkrut menjadi seorang karyawan di tempat kerja baru. Berikut uraiannya.

1. Jauhi media sosial saat bekerja

Untuk tahap awal, sejenak jauhkan semua media sosial yang Anda miliki, seperti Twitter, Path, Instagram, Facebook, atau Snapchat ketika bekerja. "Selain itu, pastikan ponsel dalam mode getar," imbuh Alexandra Levit, penulis buku berjudul New Job, New You.

2. Datang awal, pulang akhir

"Setidaknya untuk langkah awal, cobalah untuk datang 15 menit lebih awal dan pulang 30 menit setelah atasan Anda. Meskipun di zaman sekarang tatap muka tidak terlalu penting dibandingkan sebelumnya dan terjadi pada beberapa jenis pekerjaan, namun tatap muka sangat penting dalam pekerjaan baru," jelas Anita Bruzzese, penulis buku 45 Things You Do That Drive Your Boss Crazy.

3. Suarakan gestur dan bahasa yang baik

Anda mungkin tak sadar, namun ternyata penting untuk menunjukkan bahasa tubuh dan bahasa tutur dengan baik. Perhatikan busana kantor Anda, postur tubuh, cara Anda menjawab telepon, dan cara berbicara. Sebab, semua unsur ini akan membuat Anda lebih percaya diri.

"Saya pernah bekerja dengan orang-orang yang kurang memperhatikan bagaimana mereka berbicara dan menjabat tangan dengan lemah. Ini semua bisa diterjemahkan sebagai ketidakdewasaan," ungkap Rebecca Widness, pendiri Widness and Company Public Relations di New York, Amerika Serikat.

4. Perhatikan cara bergaul

Bukan ide yang bagus untuk terlalu akrab dengan rekan kerja terlalu awal ketika Anda baru mulai bekerja di tempat baru. Laurie Ruettimann, konsultan personalia di Raleigh, North Carolina mengenang masa di mana ia mencoba untuk berbaur dengan rekan kerja barunya di hari pertama bekerja. "Mereka mengajak saya makan malam. Saya membantu menghabiskan enam botol anggur dan muntah padahal keesokan paginya saya ada rapat," kenangnya.

5. Perhatikan keraguan

Apabila Anda merasa ragu dengan pilihan busana yang akan Anda kenakan ke kantor, lebih baik tidak usah mengenakannya. Kalau Anda ragu untuk berlama-lama istirahat makan siang, lebih baik jangan berlama-lama. "Jangan remehkan keraguan seperti itu, khususnya di bulan-bulan pertama bekerja," tutur Lindsey Pollak, penulis buku Becoming the Boss.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com