Kompas.com - 10/09/2015, 11:03 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Berawal dari tahun 2006, ketika Linda Lightman memutuskan untuk menjual barang-barang pribadinya seperti sepatu dan busana yang tak terpakai lagi lewat situs eBay, ternyata keputusannya tersebut mengantarkan dirinya pada pundi-pundi uang yang luar biasa. Bahkan saat ini, Lightman cukup fokus menjalankan bisnis jual barang bekasnya di situs eBay dengan nama halaman Linda's Stuff.

Setelah 15 tahun berkecimpung dalam bisnis ini, Lightman mengaku penghasilannya saat ini bisa mencapai 25 juta dollar AS atau setara dengan Rp 354 miliar. "Kebanyakan orang tak tahu jika mereka memiliki peralatan rumah tangga lebih dari 52 buah, maka itu akan berharga 3.000 dollar AS lebih ( sekitar Rp 42 juta) dan jangan terbatas pada benda yang dimiliki di dalam rumah saja. Anda bisa mendapatkan uang dengan menjual barang-barang lain di situs eBay," ujar Lightman.

Menurut Lightman, bisnisnya menjadi sukses karena ia mempelajari tiap aspek yang tepat agar barang jualannya tampak menarik. Dari sajian visual yang menarik, segi pencahayaan foto, penulisan keterangan barang, hingga strategi pemasaran, dipikirkan secara rinci oleh Lightman.

Ia juga mengakui bahwa karena hal tersebut, kawan-kawannya mempercayakan untuk ikut membantu menjual barang pribadi mereka lewat Lightman. Dimulai hanya dengan satu orang pekerja, kini Lightman memiliki sekitar 20 tenaga bantuan dan sebuah kantor sendiri.

"Saat ini ada sekitar 5.000 barang yang masuk tiap harinya, dengan benda-benda unik yang dijual di situs sebanyak 140.000 macam," ujar Lightman. "Orang-orang berkata, jika Anda melakukan apa yang Anda sukai, Anda tak akan pernah bekerja lagi sepanjang hidup. Saya tak pernah percaya hal itu sampai akhirnya saya memulai bisnis Linda's Stuff ini," ujar Lightman.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber elitedaily
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.