Kompas.com - 11/09/2015, 10:52 WIB
Jika komunikasi berjalan lancar, persahabatan bisa bertahan hingga puluhan tahun. Ternyata, hal ini juga berdampak positif terhadap kesehatan. THINKSTOCKPHOTOSJika komunikasi berjalan lancar, persahabatan bisa bertahan hingga puluhan tahun. Ternyata, hal ini juga berdampak positif terhadap kesehatan.
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Ternyata, persahabatan tak hanya memberikan kebahagiaan batin, tapi juga berdampak positif pada kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan, menjalin persahabatan mampu meningkatkan daya tahan hidup seseorang.

Sejumlah ahli dari Brigham Young University melakukan rekam jejak terhadap 308.000 responden selama 7,5 tahun. Hasilnya, mereka menemukan bahwa responden yang bersosialisasi, aktif dalam suatu komunitas sosial, menjalin persahabatan, bertetangga, berkeluarga, atau gabungan semua itu memiliki daya tahan hidup 50 persen lebih baik.

"Interaksi sosial tersebut tak hanya menguntungkan dari sisi psikologis, tetapi juga memberi dampak langsung pada kesehatan fisik orang yang bersangkutan," kata pemimpin penelitian Julianne Holt-Lunstad.

Tak hanya itu. Sebuah observasi Pusat Penelitian Penuaan Universitas Flinders terhadap 1.500 orang selama 10 tahun menunjukkan, sebesar 22 persen dari responden ini hidup lebih lama karena jaringan persahabatan.

Selain itu, hubungan persahabatan juga terbukti bisa memberikan semangat hidup bagi mereka yang menderita penyakit ganas. Dengan keinginan kuat untuk sembuh, pengobatan yang diberikan pun bisa memberikan hasil maksimal.

Sebuah kisah nyata yang menyentuh tentang kekuatan persahabatan dituturkan Jeffrey Zaslow secara epik dalam bukunya, "The Girls from Ames: A Story of Women & a Forty-Year Frienship". Cerita ini mengisahkan persahabatan sebelas teman masa kecil asal Ames, AS, yang setelah lulus sekolah tinggal jauh terpisah. Namun demikian, pesahabatan mereka tetap terjalin erat.

Sampai pada 2007, salah satu di antara mereka, Kelly, divonis menderita kanker. Walau terpisah jarak, para sahabatnya tak henti memberikan dukungan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka mengirimkan rajutan topi hangat agar kepala Kelly tetap hangat saat rambutnya mulai rontok. Piyama khusus pun dirancang agar Kelly tetap nyaman saat berkeringat di malam hari.

Salah satu sahabat bahkan mengirimkan mesin pembuat milk shake karena Kelly kesulitan menelan dan mencerna makanan. Semua ini memberi semangat bagi Kelly untuk melawan penyakit yang menggerogoti tubuhnya.

Jarak bukan halangan

Sejatinya, tidak mudah menjaga persahabatan setelah beranjak dewasa. Kesibukan dan jarak kadang menjadi kendala.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.