Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2015, 09:40 WIB
Magdalena Windiana Siahaan

Penulis


KOMPAS.com – Orang yang produktif adalah orang yang dapat berkarya dengan memanfaatkan waktunya seefektif mungkin. Namun, ada kalanya waktu produktif terhenti hanya karena beberapa gangguan kecil. Mulai dari ajakan teman mengobrol hingga ponsel yang terus berbunyi.

Tanpa disadari, fokus dalam bekerja teralihkan, pekerjaan menjadi terbengkalai. Anda pun dituntut untuk bisa menjaga diri agar selalu fokus dalam bekerja.

Hal itu biasanya sulit dilakukan bagi sebagian orang. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda adalah bagian yang bisa melajalankannya. Berikut beberapa langkah atasi tidak fokus bekerja:

Buat Jadwal Pekerjaan

Apabila Anda memiliki beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan dalam tenggat waktu berbarengan, tentukan pekerjaan paling penting dan buat skala prioritas untuk menyusun mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Dengan membuat jadwal pekerjaan, Anda jadi tahu pekerjaan untuk diprioritaskan.

Dengan begitu, meskipun perasaan dan pikiran kerap meminta berhenti, Anda bisa dahulukan menyelesaikan pekerjaan utama. Jangan lupa berusaha memotivasi diri agar konsisten dengan jadwal yang telah dibuat.

Tidak melakukan multitasking

Di era serba modern, aktivitas multitasking diyakini dapat membantu membuat pekerjaan lebih efisien. Namun ternyata multitasking tidak selamanya baik. Multitasking justru dapat memecahkan fokus karena harus berganti kegiatan setiap kali hendak mengerjakan pekerjaan lainnya.

Dalam eksperimen yang diadakan Stanford University, sekelompok mahasiswa diminta untuk menghabiskan 30 menit secara simultan untuk mengompilasi playlist musik, chatting, dan menulis sebuah tulisan pendek. Kelompok kedua berfokus pada masing-masing aktivitas tersebut, masing-masing selama 10 menit. Setelah itu, mereka diberi tes memori.

Dari eksperimen ini, terbukti singletasker secara signifikan bekerja lebih baik daripada para multitasker. Oleh sebab itu, hindari melakukan kegiatan multitasking dan mulailah fokus menyelesaikan satu pekerjaan agar hasilnya lebih efektif.

Oik Yusuf/ Kompas.com Galaxy Note 5

Ambil jeda waktu istirahat

Saat sibuk bekerja, tidak jarang beberapa orang lupa untuk mengambil waktu istirahat. Biasanya, ketatnya deadline dan tugas yang datang tak henti-henti membuat Anda enggan mengambil jeda waktu istirahat sebentar saja. Padahal, istirahat di sela-sela waktu bekerja baik bagi pikiran dan tubuh.

Tak butuh waktu lama untuk istirahat. Anda bisa mengambil waktu sekitar 15-20 menit untuk sekadar berjalan-jalan di sekitar meja kerja atau mendengarkan musik instrumental yang menenangkan pikiran.

Kegiatan seperti tersebut dapat menghilangkan kepenatan. Pikiran Anda pun seketika segar saat kembali pada pekerjaan.

Atur penggunaan gadget

Agar pekerjaan Anda cepat selesai, Anda juga perlu mengatur penggunaan ponsel serta segala aplikasi percakapan. Notifikasi yang masuk sering kali membuat Anda merasa harus mengeceknya.

Memang, Anda pun tidak bisa begitu saja memutuskan perangkat komunikasi untuk menghindari gangguan. Ini karena mengingat fungsinya juga penting untuk berkomunikasi dengan rekan atau kolega.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan fasilitas SideSync pada ponsel pintar Anda. Fitur ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat dengan PC atau laptop. Dengan kata lain, Anda bisa mengendalikan ponsel dengan menggunakan PC.

Bantuan dari fitur SideSync bisa menjadi solusi bagi Anda dalam mengurangi gangguan ponsel. Kemudahan seperti ini bisa Anda temukan di ponsel Samsung Galaxy Note 5.

Cukup instal aplikasi SideSync 4.0 pada PC atau Laptop, Anda bisa melakukan lebih banyak hal dan fokus pada tugas yang tengah dilakukan. Ini menjadi solusi agar Anda tak perlu membagi fokus hanya untuk mengecek ponsel karena notifikasi bisa terlihat di layar PC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com