Kompas.com - 13/09/2015, 09:40 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Orang yang produktif adalah orang yang dapat berkarya dengan memanfaatkan waktunya seefektif mungkin. Namun, ada kalanya waktu produktif terhenti hanya karena beberapa gangguan kecil. Mulai dari ajakan teman mengobrol hingga ponsel yang terus berbunyi.

Tanpa disadari, fokus dalam bekerja teralihkan, pekerjaan menjadi terbengkalai. Anda pun dituntut untuk bisa menjaga diri agar selalu fokus dalam bekerja.

Hal itu biasanya sulit dilakukan bagi sebagian orang. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda adalah bagian yang bisa melajalankannya. Berikut beberapa langkah atasi tidak fokus bekerja:

Buat Jadwal Pekerjaan

Apabila Anda memiliki beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan dalam tenggat waktu berbarengan, tentukan pekerjaan paling penting dan buat skala prioritas untuk menyusun mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Dengan membuat jadwal pekerjaan, Anda jadi tahu pekerjaan untuk diprioritaskan.

Dengan begitu, meskipun perasaan dan pikiran kerap meminta berhenti, Anda bisa dahulukan menyelesaikan pekerjaan utama. Jangan lupa berusaha memotivasi diri agar konsisten dengan jadwal yang telah dibuat.

Tidak melakukan multitasking

Di era serba modern, aktivitas multitasking diyakini dapat membantu membuat pekerjaan lebih efisien. Namun ternyata multitasking tidak selamanya baik. Multitasking justru dapat memecahkan fokus karena harus berganti kegiatan setiap kali hendak mengerjakan pekerjaan lainnya.

Dalam eksperimen yang diadakan Stanford University, sekelompok mahasiswa diminta untuk menghabiskan 30 menit secara simultan untuk mengompilasi playlist musik, chatting, dan menulis sebuah tulisan pendek. Kelompok kedua berfokus pada masing-masing aktivitas tersebut, masing-masing selama 10 menit. Setelah itu, mereka diberi tes memori.

Dari eksperimen ini, terbukti singletasker secara signifikan bekerja lebih baik daripada para multitasker. Oleh sebab itu, hindari melakukan kegiatan multitasking dan mulailah fokus menyelesaikan satu pekerjaan agar hasilnya lebih efektif.

Oik Yusuf/ Kompas.com Galaxy Note 5

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.