Kompas.com - 14/09/2015, 12:05 WIB
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com -  Ada baiknya sebelum Anda merawat daerah ketiak, Anda tahu terlebih dulu permasalahan dan kondisinya. Hal ini akan berguna agar perawatan yang dilakukan dapat membuahkan hasil optimal.

Dr. Inneke Halim, SpKK, dermatologis dan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), memaparkan, "Daerah ketiak memiliki struktur kulit yang berbeda dengan area tubuh lain. Karena berupa lipatan, aktivitas atau gerakan normal seminim apapun pada ketiak berpotensi menimbulkan gesekan antar kulit yang dapat memicu timbulnya iritasi. Di samping itu, areanya tertutup sehingga mudah lembap, ditambah lagi ditumbuhi rambut yang agak kasar serta memiliki banyak kelenjar keringat. Dengan kondisi sensitif tersebut, tak heran jika muncul beberapa permasalahan di sekitar daerah ketiak."

Berikut adalah lima masalah area ketiak yang kerap timbul dan mungkin sedang Anda alami:

1. Iritasi

Bercak atau kemerahan diiringi rasa peruh atau gatal. Biasanya ada pengaruh dari pencabutan dan pencukuran buku ketiak, penggunaan spons yang kasar, sering menggunakan pakaian terlalu ketat hingga pengaplikasian deodoran yang tidak tepat.

Solusi: Gunakan sabun lembut dan hindari menggosok terlalu keras. Jika iritasi tidak membaik, coba konsultasi dengan dokter.

2. Bau Badan

Disebabkan adanya keringat berlebih yang tercampur dengan bakteri di daerah ketiak.

Solusi: Gunakan deodoran yang mengandung alumunium,  juga sabun atau krim anti bakteri. Kurangi makanan yang mencetuskan bau seperti bawang, kari dan merica.

3. Warna kehitaman

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.