Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Biksu Menghadiri Ajang New York Fashion Week

Kompas.com - 16/09/2015, 11:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com — Kehadiran selebriti papan atas pada acara pekan mode besar seperti New York Fashion Week sudah menjadi hal yang biasa. Namun, kehadiran pemuka agama seperti biksu barulah terbilang luar biasa. Ya, di atas panggung peraga saat pergelaran koleksi desainer asal Nepal, Prabal Gurung, di New York Fashion Week 2015/2016, hadir 30 orang biksu yang didatangkan dari negara asalnya.

Gurung mengundang para biksu ini dalam rangka ungkapan terima kasih atas bantuan berbagai pihak terhadap bencana gempa bumi besar yang melanda Nepal pada April lalu. Para biksu ini juga memanjatkan doa di atas panggung.

Gurung yang ditemui seusai presentasinya berkata, "Ketika gempa bumi terjadi, orang pertama yang hadir untuk menyelamatkan Nepal berasal dari industri fashion di sini, dan saya ingin menunjukkan rasa terima kasih kepada mereka." Kemudian desainer berusia 36 tahun ini berkata, "Saya pergi dan berkunjung ke biara di Nepal sepanjang waktu setelah kejadian tersebut, hingga akhirnya saya memiliki ide untuk mengundang para biksu dan mereka tertarik melakukannya."

Sebagai bentuk penghargaan lainnya, Gurung mendedikasikan koleksinya untuk budaya Nepal, yang terinspirasi dari keindahan busana para biksu. Warna kuning, oranye, dan merah yang merupakan warna busana para biksu dituangkan Gurung ke dalam koleksi terbarunya yang memukau.

"Semua yang saya lakukan bertujuan untuk menunjukkan dari mana saya berasal. Semoga saja dengan memperlihatkannya pada dunia, ketertarikan untuk mengunjungi Nepal menjadi lebih besar. Sebab, hal itulah yang diperlukan Nepal saat ini," terang Gurung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com