Kompas.com - 19/09/2015, 08:09 WIB
Perusahaan film sekaligus produsen atribut permainan hingga aksesori untuk anak-anak, Disney, membuat sebuah gebrakan dengan menghapus kategori jender untuk anak-anak. COSMOPOLITAN.COMPerusahaan film sekaligus produsen atribut permainan hingga aksesori untuk anak-anak, Disney, membuat sebuah gebrakan dengan menghapus kategori jender untuk anak-anak.
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Perusahaan film sekaligus produsen atribut permainan hingga aksesori untuk anak-anak, Disney, membuat sebuah gebrakan dengan menghapus kategori jender untuk anak-anak. Jika pada tahun sebelumnya, Disney membagi kategori mainan dan kostum anak menjadi: boys (anak laki-laki) dan girls (anak perempuan), pada tahun ini Disney hanya menggolongkan kostum dan mainan anak dengan kategori kids (anak-anak). Padahal, pada tahun-tahun sebelumnya, Disney sangat identik mengategorikan kostum dimana perlengkapan superhero untuk anak laki-laki, dan princess untuk anak perempuan.

Lewat situs penjualan kostum resmi dari Disney, para pengunjung dapat melihat berbagai kostum Halloween khusus anak yang bercampur aduk. Kini dapat ditemui kostum karakter Darth Vader dari film Star Wars, atau Buzz dari film animasi sukses Toy Story  di sebelah kostum princess meski masing menggunakan dokumentasi foto kostum dari tahun sebelumnya.

Keputusan Disney untuk menghapus kategori jender ini dihargai oleh banyak pihak, terutama para orangtua. Dengan penghapusan kategori jender, berarti menghapus stereotip yang didapat oleh anak sedari dini.

Selain itu, pemilihan kostum tanpa kategori jender ini juga membuat anak-anak lebih leluasa memilih dan menjadi berbagai karakter yang menyenangkan. Apalagi tujuan dari hari Halloween sebenarnya adalah kebahagiaan untuk anak, tanpa perlu mempedulikan stereotip jender dalam masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.