Kompas.com - 29/09/2015, 13:07 WIB
Ilustrasi PREVENTION.COM/ GETTYIMAGESIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com — Masalah bibir pecah-pecah sering kali membuat kaum wanita merasa gusar. Tidak hanya bibir menjadi terlihat kasar, bibir pecah-pecah pun mampu membuat lipstik atau pemulas bibir tidak teraplikasi dengan baik dan merata. Lalu, bagaimana sebenarnya langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah?

"Cara terbaik untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah tentu saja adalah menghindari kondisi yang menyebabkan masalah tersebut. Akan tetapi, sayangnya kondisi itu hadir karena beberapa faktor, seperti cuaca, paparan sinar matahari, dan angin hingga membuat bibir menjadi kering, pecah, dan mampu menimbulkan alergi serta bau mulut tidak sedap," ujar praktisi kesehatan, Andrew Weil MD.

Selain mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Berikut uraiannya.

1. Berhenti menjilat dan membasahi bibir

Salah satu kebiasaan yang membuat kondisi bibir pecah-pecah bertambah parah adalah rutin menjilat atau membasahinya. Ketika air liur mengering dan menguap, hilanglah minyak alami yang ada pada bibir Anda. Ketimbang menjilat atau menggigit bibir Anda, kembalikan kelembaban bibir dengan mengaplikasikan pelembab berbahan alami dan hipolargenik, seperti madu, minyak almon, dan minyak kelapa.

"Apabila bibir menjadi luka dan menimbulkan masalah lebih lanjut, gunakan lip balm yang mengandung bahan alami kunyit. Sebab, kunyit adalah bahan alami untuk mengobati infeksi dan luka," ujar Weil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Gunakan minyak zaitun

Untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah, lembabkan bibir dengan minyak zaitun yang memiliki kandungan anti-peradangan, anti-oksidan, dan pelembab. Aplikasikan minyak zaitun setidaknya dua atau tiga kali sehari untuk melembutkan, melubrikasi, dan melembabkan bibir. Setelah itu, seketika bibir Anda pun akan terasa lebih baik. Namun, dibutuhkan beberapa hari untuk mengobati kondisi bibir pecah-pecah secara optimal.

3. Gunakan kantung teh

Siapa sangka, ternyata kantung teh celup pun mampu mengatasi bibir pecah-pecah. Caranya, tekan-tekan kantung teh celup jenis black tea pada bibir Anda selama kurang lebih 30 detik dan ulangi setiap tiga hingga lima kali dalam seminggu. Kandungan zat antioksidan polyphenol pada teh akan membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mempercepat regenerasi kulit.

4. Hilangkan sel kulit mati

"Menghilangkan sel kulit mati dengan menggosoknya adalah langkah awal yang baik untuk mengatasi bibir pecah-pecah," tutur Elizabeth Tanzi, Direktur Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery di Amerika Serikat. Caranya, setelah Anda menyikat gigi, hilangkan kulit-kulit kering dengan menyikat bibir Anda dengan sikat gigi. Tanzi menyarankan, lindungi bibir dengan mengaplikasikan pelembab berupa lip balm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.