Kompas.com - 30/09/2015, 20:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com –- Seharian beraktivitas di dalam kantor, bertemu klien, dan menjalankan bisnis, hal terakhir yang ingin Anda lakukan sesampainya di rumah adalah mencuci piring. Jujur saja, jika bisa, Anda akan menciptakan ragam alasan demi terhindar dari membersihkan piring dan gelas bekas pakai di rumah.

Sebenarnya, sikap tersebut bisa jadi keliru. Pasalnya, sebuah penelitian di Florida State University, menjelaskan bahwa kegiatan mencuci piring bisa menciptakan pikiran yang tenang, hitung-hitung sebagai momen meditasi setelah seharian lelah bekerja.

Para peneliti melibatkan 51 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Pada kelompok pertama, responden diminta untuk mencuci piring dan menikmati semua proses yang terjadi, mulai dari aroma sabun pencuci dan bunyi gemericik air. Ternyata, hal-hal tersebut bisa menjadi meditasi pikiran yang menciptakan rasa tenang.

Lalu, kelompok kedua, responden di minta untuk mencuci piring terburu-buru, tanpa menikmati berbagai hal seperti yang dilakukan oleh kelompok pertama.

Studi yang dipublikasikan oleh The Wall Street Journal ini menuangkan hasil laporan yang menyatakan bahwa rasa panik dan lelah pada responden di kelompok pertama menurun hingga 27 persen. Sementara itu, responden kelompok kedua, tidak mengalami perubahan, mereka tetap merasa kelelahan dan tidak bisa tidur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.