Kompas.com - 03/10/2015, 15:25 WIB
Ilustrasi thinkstockphotos.comIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Selama ini, kebanyakan orang menganggap bahwa kulit kering adalah tanda dari kulit yang dehidrasi. Padahal kenyataanya kulit kering dan kulit dehidrasi adalah dua masalah kulit yang berbeda. Dalam acara peluncuran rangkaian Bioderma Hydrabio di Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta (2/10/2015), Dr. Aryani Sudharmono, SpKK (K), FINS-DV, FAADV menyebutkan bahwa kulit kering adalah kondisi bawaan genetik seseorang. Sedangkat kulit dehidrasi dapat terjadi pada tipe kulit kering, berminyak, maupun kombinasi.

Dr. Aryani yang juga merupakan pelopor Senopati Skin Center menjelaskan lebih jauh masalah kulit kering dan kulit dehidrasi secara kasat mata yang bisa dirasakan. "Kalau kulit kering itu bukan cuma wajahnya yang kering, tapi juga kulit tangan, atau kulit kepalanya," sedangkan kulit dehidrasi, menurut Dr. Aryani lebih dapat dirasakan. "Meski kulit berminyak sekalipun, ada rasa kulit kencang yang tertarik,"terangnya.

Ciri lain dari kulit dehidrasi adalah kerap timbul jerawat yang tak pernah sembuh,  "Perlu diketahui bahwa banyak orang yang tak pernah sembuh dari jerawat di area T wajah, yaitu kening dan dagu. Hal tersebut sebenarnya merupakan pertanda kalau lapisan kulit mengalami dehidrasi. Akibatnya jadi memicu area tersebut untuk  terus memproduksi minyak," tambah Dr. Aryani lagi.

Baik kulit kering dan kulit dehidrasi keduanya dapat menyebabkan gatal, kemerahan, kusam, dan pecah-pecah. "Untuk kulit yang dehidrasi cara penanganan instannya dapat disemprotkan mineral sesering mungkin. Namun hal tersebut hanya untuk jangka pendek. Untuk menjaga kulit agar tetap sehat, konsumsilah air minimal sebanyak delapan gelas per-hari," pesan Dr. Aryani. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.