Kompas.com - 06/10/2015, 20:07 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Dalam pernikahan, ada fase "Seven Years Itch" yang kerap dialami oleh pasangan suami dan istri. Fase tersebut merupakan bagian dari teori psikologis yang menyatakan bahwa kebahagiaan dalam hubungan akan mulai menurun setelah tujuh tahun pernikahan. Selain itu, pada masa ini juga pasangan cenderung berselingkuh.

Nah, apakah teori ini benar-benar terjadi? Menurut Joseph Cilona PsyD, seorang psikolog klinis dari Manhattan, Amerika Serikat, konsep Seven Years Itch berdasarkan pada statistik  persentase perceraian yang signifikan terjadi setelah tujuh tahun menikah.

"Riset mengindikasikan bahwa banyak orang yang sudah menikah merasakan penurunan kepuasan, pemenuhan, dan kebahagiaan secara keseluruhan terhadap pernikahan mereka setelah periode bulan madu. Perasaan ini meningkat sekitar dua hingga tujuh tahun masa pernikahan," terang Cilona.

Namun demikian, perlu diingat bahwa penurunan kepuasan dan kebahagiaan dalam pernikahan bisa terjadi kapan saja. Lesli Soares, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, mengemukakan bahwa gangguan-gangguan tersebut dapat terjadi kapan pun selama menjalani pernikahan.

Penulis buku berjudul Blueprints for a Lasting Marriage itu menyatakan bahwa pada masa pernikahan tujuh tahun, pasangan kerap mengalami berbagai rintangan karena biasanya mereka sudah menyambut kelahiran anak pertama atau kedua.

"Sebenarnya ini adalah pengaruh (kehadiran) anak kepada pernikahan yang menyebabkan adanya gangguan. Gangguan ini adalah kombinasi tanggung jawab, kurangnya waktu untuk diri sendiri dan pasangan, berkurangnya keintiman," tutur Soares.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.