Kompas.com - 16/10/2015, 22:10 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com –
Banyak kajian dan pembahasan yang mengangkat isu mengenai insominia. Sayangnya, hanya sedikit dari kita yang benar-benar menyadari bahwa kualitas tidur malam merupakan kunci tubuh bugar dalam menjalani aktivitas harian.

Menurut Centre for Disease Control and Prention  (CDC) yang berbasis di Amerika Serikat, sekurang-kurangnya ada 50 hingga 70 juta orang yang mengalami sulit tidur malam.

Durasi tidur malam yang selalu dianjurkan adalah tujuh sampai delapan jam. Kenyatannya, menurut survei UK Sleep Council, tiga dari lima orang Inggris hanya tidur malam selama lima hingga enam jam.

Sadar akan manfaat tidur malam. Sejumlah pakar di Sleepio, sebuah pusat pengendalian tidur, menguraikan tiga rahasia mendapatkan tidur pulas selama delapan jam di malam hari. Berikut uraiannya:

1. Jangan membawa masalah ke dalam kamar tidur
Kala langkah kaki Anda sudah menginjak lantai kamar tidur, tinggalkannlah segala kegelisahan dan kekhawatiran Anda di luar pintu.

Pikiran-pikiran yang berkelabatan dalam kepala Anda membuat jantung tak berdetak lebih tenang. Kondisi inilah yang akhirnya membuat rasa kantuk tak kunjung datang.

2. Rileks
Biang kerok dari insomnia adalah kondisi emosi yang tidak stabil. Oleh karena itu disarankan untuk menenangkan pikiran, sekurang-kurangnya selama 60 menit sebelum waktu tidur.

3.Lingkungan sekitar kamar
Tidak diragukan lagi bahwa lingkungan sekitar tempat Anda tertidur berpengaruh untuk mengundang rasa kantuk.

Sinar, tingkat kebisingan, dan temperatur sangat berpengaruh dalam menciptakan kondisi kamar yang dapat membuat Anda tertidur lebih lama.

Terakhir, jumlah bantal di atas kasur, menurut peneliti, memberikan efek signifikan pada kualitas tidur malam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.