Kompas.com - 23/10/2015, 22:42 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com –
Label busana ritel asal Inggris, Oasis, menuai kontroversi setelah foto kaki manekin mereka diunggah oleh seorang netizen ke Twitter.

Rhiannon L Cosslet, seoarang jurnalis sekaligus aktivis femnis mengunggah foto kaki manekin di butik Oasis yang dianggap terlalu kurus.

Ukuran kaki manekin tersebut dinilai Cosslet bisa mengakibatkan efek negatif terhadap citra diri wanita.

"Ini sungguh menjijikkan, berbahaya, dan tak bertanggung jawab @oasisfashion, lagipula manekin ini sungguh aneh," tulis Cosslett lewat akun Twitter-nya.

Jika diperhatikan kaki manekin di butik Oasis itu memang tak proposional.

Kakinya berukuran luar biasa kecil dan berjarak sangat jauh. Banyak netizen yang protes lantaran patung tersebut memberi pesan bentuk tubuh yang salah.

"Sangat parah dan tak bertangggung jawab" tulis pengguna Twitter, @cmgregory.

Ada pula @lena_singer menulis, "Ini bercanda? Ini tongkat yang digunakan sebagai kaki,".

Menjawab hal tersebut pihak Oasis mengatakan pada Dailymail, "Manekin di tempat kami tak mewakili wanita sungguhan. Ini dibuat untuk merepresentasikan properti seni dan tak memiliki proporsi akurat kehidupan nyata,".

Seorang aktivis kemudian menjawab, "Kalau memang merek ini tak bermaksud merepresentasikan orang sungguhan, kenapa mereka memajang busana di manekin berbentuk manusia dari plastik,.

Lalu, dia meneruskan dengan mengatakan bahwa lebih baik busana itu digantung saja dan tidak dikenakan pada manekin.

Sebab, menurut para netizen, manekin yang dipajang di sejumlah butik merupakan ilustrasi bagi pengunjung terhadap penampilan seperti apa yang akan terlihat saat mengenakan busana tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.