Kompas.com - 24/10/2015, 10:03 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Semua setuju jika relasi adalah salah satu faktor penting dalam pekerjaan. Untuk orang dengan kepribadian ekstrovert, menjalin relasi bukan perkara sulit.

Namun, urusan tersebut merupakan tantangan terbesar bagi mereka yang memiliki sifat introvert.  

Berikut lima hal yang dapat dilakukan introvert untuk menjalin relasi lebih baik dalam pekerjaanya:

1. Jangan menghakimi diri sendiri
Bukan berarti jika Anda memiliki kepribadian introvert, Anda jadi tak bisa sukses menjalin relasi. Buang jauh-jauh stigma jika introvert menjadi penghalang mengembangkan relasi. Sebab, pada dasarnya menjalin relasi adalah kemampuan yang dapat dilatih.

2. Buang pikiran negatif
Hindari pikiran negatif Anda sebelum mulai menjalin relasi. Latih pikiran Anda untuk fokus pada hal positif yang akan diperoleh dari menjalin relasi. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa gugup Anda saat bertemu orang baru.

3. Jangan malu mulai pembicaraan
Untuk memulai pembicaraan, Anda dapat memulai topik dengan mencari persamaan dengan orang tersebut.

Percayalah bukan Anda saja orang yang gugup untuk memulai pembicaraan, orang lainpun sama seperti Anda, maka dari itu orang yang memulai pembicaraan terlebih dahulu akan sangat dihargai. 

4. Percaya pada diri sendiri
Penelitian menunjukkan jika orang yang berpikir bahwa dirinya akan disukai banyak orang memang benar tampil lebih hangat, tidak mudah gugup, dan lebih disukai orang lain!.

5. Latih sikap Anda
Menjalin relasi tentunya akan canggung dan kurang nyaman di awal, tetapi semakin sering Anda melatih keterampilan bersosialisasi, maka kemampuan Andan akan terasah lebih baik.

Kondisi ini sama seperti analogi sepatu, sakit dan kaku saat pertama kali dipakai, tapi setelah beberapa kali dikenakan pasti terasa lebih nyaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TIME.com


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.