Kompas.com - 24/11/2015, 07:06 WIB
Ilustrasi bir npr.orgIlustrasi bir
|
Editor Syafrina Syaaf

 KOMPAS.com – Minuman keras yang biasa disingkat dengan sebutan miras, merupakan minuman yang mengandung alkohol dan menimbulkan risiko negatif pada tubuh.

Risiko tidak baik tersebut bisa terjadi jika miras dikonsumsi secara rutin dengan kadar berlebihan.

Tak hanya bisa mematikan, tapi juga merusak saraf serta organ penting dalam tubuh secara permanen. 

Umumnya, miras hanya boleh diperjualbelikan pada orang dewasa atau 18 tahun ke atas.

Alasannya, mereka yang dianggap berusia dewasa memiliki akal yang lebih rasional dalam memahami bahaya dari miras.

Namun, aturan tersebut tinggal aturan. Sebuah suvei yang dimuat dalam Daily Record menujukkan bahwa dalam satu tahun jumlah anak-anak Skotlandia yang masih di bawah umur dan kecanduan alkohol, terus meningkat. 

Sepanjang tahun 2015, sekurang-kurangnya 423 anak dilaporkan mengonsumsi miras secara rutin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ternyata, peringatan yang tertempel pada seluruh botol dan keras miras tidak diberlakukan secara tegas di Skotlandia.

Laporan tersebut merinci bahwa setidaknya ada 83 kasus anak perempuan dan 36 anak lelaki bawah umur yang tertangkap sedang menikmati miras di Lanarkshire, Skotlandia.  

Kemudian, di Forth Valley, staf medis mengungkap, data 179 remaja perempuan dan 87 remaja lelaki digerebek sedang minum-minum alkohol.

"Peminum alkohol usia muda berisiko berakhir di rumah sakit, karena kecelakaan atau menjadi korban kriminal. Ini juga mempengaruhi pendidikan, hubungan keluarga, dan masa depan mereka," ujar Jennifer Curan dari Alcohol Focus Scotland.

Demi mengatasi anak-anak pecandu alkohol ini, pihak pemerintah lokal di Skotlandia semakin giat mensosialisasikan bahaya minuma keras untuk anak di bawah umur.

Mereka memberikan edukasi mengenai dampak negatif alkohol pada anak-anak sekolah, minimal mereka yang telah berusia 10 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mirror
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.