Kompas.com - 10/12/2015, 07:43 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk berbelanja. Sederet tawaran cuci gudang, momen Natal dan tahun baru, hingga hari belanja online nasional pada 12 Desember, adalah alasannya. 

Namun, jangan buru-buru terhipnotis potongan harga yang menggiurkan. Barang murah tapi tidak terpakai hanya akan menjadi sia-sia. Ingat, belanja diskon juga perlu persiapan.

Untuk mengoptimalkan belanja dan peluang potongan harga, simak beberapa catatan berikut ini:

Daftar kebutuhan

Hal pertama harus disiapkan sebelum belanja adalah daftar belanjaan. Tuliskan dalam daftar itu kebutuhan yang hendak Anda cari.

Catatan itu akan berguna untuk mengingatkan segala hal yang perlu dicari, dan bukan tergoda membeli barang lain dan melewatkan kebutuhan. Bila perlu, selain membuat daftar belanja, cari letak mencari barang-barang dalam daftar tersebut waktu tak terbuang percuma.

Poin akhir tahun

Pada saat akhir tahun beberapa pusat perbelanjaan kerap memberikan harga khusus dari akumulasi poin yang dihitung selama setahun berjalan. Konsumen dapat mengambil manfaat tersebut untuk mendapatkan belanjaan dengan harga lebih murah dari potongan harga yang ditawarkan. 

Ajak teman

Agar acara pencarian barang tidak membosankan, ajaklah teman untuk menemani berbelanja. Minta pendapatnya dan berdiskusilah saat mencari barang. Sudut pandang orang lain bisa menjadi masukan apakah barang yang dicari memang penting atau tidak.

shutterstock ilustrasi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.