Kompas.com - 25/12/2015, 08:37 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Berdasarkan rekaman data Google, terjadi perpindahan kecenderungan masyarakat dari melakukan pembelian secara langsung ke belanja online. Hal itu dianggap wajar, selain karena beragamnya ketersediaan barang, harga yang ditawarkan online shop juga kompetitif.

Di Indonesia ada lebih dari ratusan toko online, dan angka itu diperkirakan terus bertambah. Namun, populernya tren belanja online sering tersangkal oleh faktor keamanan dan kepercayaan pembeli. Pembeli kerap ragu, karena merek takut barang pesanannya tidak sampai ke tangan.

Untuk itu, bagi Anda penyuka atau yang punya rencana berbelanja online, berikut ini ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam memilih situs web belanja:

Riset

Ketahui latar belakang e-commerce yang dituju sebelum berbelanja. Caranya, Anda bisa mencari ulasan seputar kredibilitas dan kepuasaan konsumen di tempat tersebut. Jika situs tersebut mendapat lebih banyak respons negatif, lebih baik cari toko lain saja.

Hindari malas memeriksa persetujuan syarat dan ketentuan belanja. Ini untuk memastikan jaminan keamanan proses transaksi dan peraturan-peraturan dalam situs web tersebut.

Layanan pelanggan

Fasilitas ini penting bagi konsumen terkait pengaduan terkait pelanggaran aturan atau masalah lainnya. Anda juga bisa menanyakan lebih lanjut mengenai kinerja situs web atau produk yang dibeli. Lebih baik lagi jika layanan pelanggan dapat dihubungi kapan saja. 

Pembayaran

Periksa sertifikat kemanan pada metode pembayaran yang tersesdia. Pastikan data diri serta nomor kartu debit atau kredit Anda tidak bocor apalagi tersebar luas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.