Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/12/2015, 08:37 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

KOMPAS.com - Berdasarkan rekaman data Google, terjadi perpindahan kecenderungan masyarakat dari melakukan pembelian secara langsung ke belanja online. Hal itu dianggap wajar, selain karena beragamnya ketersediaan barang, harga yang ditawarkan online shop juga kompetitif.

Di Indonesia ada lebih dari ratusan toko online, dan angka itu diperkirakan terus bertambah. Namun, populernya tren belanja online sering tersangkal oleh faktor keamanan dan kepercayaan pembeli. Pembeli kerap ragu, karena merek takut barang pesanannya tidak sampai ke tangan.

Untuk itu, bagi Anda penyuka atau yang punya rencana berbelanja online, berikut ini ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam memilih situs web belanja:

Riset

Ketahui latar belakang e-commerce yang dituju sebelum berbelanja. Caranya, Anda bisa mencari ulasan seputar kredibilitas dan kepuasaan konsumen di tempat tersebut. Jika situs tersebut mendapat lebih banyak respons negatif, lebih baik cari toko lain saja.

Hindari malas memeriksa persetujuan syarat dan ketentuan belanja. Ini untuk memastikan jaminan keamanan proses transaksi dan peraturan-peraturan dalam situs web tersebut.

Layanan pelanggan

Fasilitas ini penting bagi konsumen terkait pengaduan terkait pelanggaran aturan atau masalah lainnya. Anda juga bisa menanyakan lebih lanjut mengenai kinerja situs web atau produk yang dibeli. Lebih baik lagi jika layanan pelanggan dapat dihubungi kapan saja. 

Pembayaran

Periksa sertifikat kemanan pada metode pembayaran yang tersesdia. Pastikan data diri serta nomor kartu debit atau kredit Anda tidak bocor apalagi tersebar luas.

Jika takut akan pencurian data pribadi dan data peranti bayar, Anda bisa memanfaatkan sistem pembayaran bersama seperti PayPal atau menggunakan metode pembayaran cash-on-delivery (COD).

Jangan lupa untuk selalu menyimpan bukti transaksi sebagai acuan kuat jika barang pesanan Anda salah atau tidak dikirim.

Interaksi dengan penjual

Salah satu kelebihan belanja langsung adalah adanya interaksi dengan penjual, sedangkan hal ini kurang didapatkan ketika berbelanja online. Situs web e-commerce yang baik biasanya menyediakan informasi penjual untuk memudahkan pembeli berkomunikasi dan bertanya tentang produk yang ditawarkan.

Salah satu contohnya bisa Anda temukan di Bukalapak.com. Situs jual beli ini memiliki fitur berkirim pesan serta mencantumkan kontak penjual yang dapat dihubungi.

Spesifikasi produk

Pilih toko online yang memberikan informasi produk paling jelas. Rincian informasi, seperti contoh ukuran dan kelengkapan barang, akan membantu Anda melihat dan memilih produk yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com