Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sukses Bisnis Jamu, Harus Bisa Racik Jamu Sendiri

Kompas.com - 07/01/2016, 09:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Memulai bisnis dengan modal Rp 25.000 hingga dapat bertahan 41 tahun bukan pekerjaan yang mudah. Tak bisa dimungkiri memang perlu kejelian dan ketangkasan dalam berstrategi melihat peluang bisnis. 

Selain itu, kreativitas untuk menelurkan sebuah inovasi, juga merupakan langkah penting dalam mempertahankan loyalitas pelanggan hingga bertahun-tahun lamanya. 

Mooryati Soedibyo, seorang pendiri PT. Mustika Ratu sukses membuktikan bahwa dirinya adalah pebisnis ulung.

Mooryati dalam acara ulang tahunnya yang ke-88 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, (5/1/2016), bercerita bahwa perjalanannya berbisnis jamu dimulai saat tinggal di keraton dan belajar meracik jamu sendiri. 

"Jamu yang waktu kecil saya tidak suka, makin lama makin suka. Sedap dan haru, baunya. Saya juga belajar meracik dan meramu sendiri. Ternyata prises pelajaran dan penghayatan sejak kecil membawa ke arah bisnis yang serupa,"

Dari kebiasaan saat kecil, Mooryati memperkenalkan jamu, minuman tradisional Indonesia hingga ke negara-negara internasional.

Tak hanya jamu produk perawatan kecantikan dengan bahan dasar tanaman Indonesia juga menjadi andalan dari PT Mustika Ratu.

Menjawab kunci kesuksesannya memimpin perusahaan PT Mustika Ratu, Mooryati menuturkan, "Saya selalu mengutamakan konsumen. Apapun keluhan atau kekurangan, saya anggap itu sebagai kritik yang membangun,".


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com