Kompas.com - 07/01/2016, 09:00 WIB
Mooryati Soedibyo, pengusaha jamu dan kosmetika tradisional KOMPAS/AGUS SUSANTOMooryati Soedibyo, pengusaha jamu dan kosmetika tradisional
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com --
Memulai bisnis dengan modal Rp 25.000 hingga dapat bertahan 41 tahun bukan pekerjaan yang mudah. Tak bisa dimungkiri memang perlu kejelian dan ketangkasan dalam berstrategi melihat peluang bisnis. 

Selain itu, kreativitas untuk menelurkan sebuah inovasi, juga merupakan langkah penting dalam mempertahankan loyalitas pelanggan hingga bertahun-tahun lamanya. 

Mooryati Soedibyo, seorang pendiri PT. Mustika Ratu sukses membuktikan bahwa dirinya adalah pebisnis ulung.

Mooryati dalam acara ulang tahunnya yang ke-88 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, (5/1/2016), bercerita bahwa perjalanannya berbisnis jamu dimulai saat tinggal di keraton dan belajar meracik jamu sendiri. 

"Jamu yang waktu kecil saya tidak suka, makin lama makin suka. Sedap dan haru, baunya. Saya juga belajar meracik dan meramu sendiri. Ternyata prises pelajaran dan penghayatan sejak kecil membawa ke arah bisnis yang serupa,"

Dari kebiasaan saat kecil, Mooryati memperkenalkan jamu, minuman tradisional Indonesia hingga ke negara-negara internasional.

Tak hanya jamu produk perawatan kecantikan dengan bahan dasar tanaman Indonesia juga menjadi andalan dari PT Mustika Ratu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menjawab kunci kesuksesannya memimpin perusahaan PT Mustika Ratu, Mooryati menuturkan, "Saya selalu mengutamakan konsumen. Apapun keluhan atau kekurangan, saya anggap itu sebagai kritik yang membangun,".


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.