Kompas.com - 10/01/2016, 22:13 WIB
Pengembangan robot seks membuat resah warga Inggris sehingga mereka pun melakukan protes. THE SUNPengembangan robot seks membuat resah warga Inggris sehingga mereka pun melakukan protes.
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com --  Tekonologi berkembang dengan sangat pesat. Lalu, efek samping yang tercipta pun cenderung beragam. Salah satunya adalah prediksi sejumlah pakar  bahwa ditahun 2016, robot seks akan menjadi tren terkini.

Melihat fenomena kehadiran robot untuk pemenuhan kebutuhan seks di tahun 2015, Dr Helen Driscoll, Leading Authority on The Psychology of Sex and Relationships. University of Sunderland, mengatakan bahwa ketertarikan seksual dengan robot diperkirakan terus berkembang.

Driscoll mengatakan bahwa prefrensi seksual manusia pada robot ini memiliki istilah Ropobhilla.

"Kita berpikir isu seperti virtual reality dan robot seks dengan konteks norma saat ini. Tapi jika kita pikir kembali ke norma sosial tentang seks yang telah ada 100 tahun lalu, terlihat jelas ada perubahan yang cepat dan radikal," terang Driscoll. 

"Saat ini virtual reality lebih realitis dan mendalam. Bahkan, dapat meniru mimik dan meningkatkan pengalaman berhubungan seks dengan partner manusia. Dapat dibayangkan jika ke depannya beberapa orang akan lebih memilih robot sebagai prefrensi seksual ketimbang dengan manusia sungguhan," urainya.

Mendukung Dr. Driscoll, seorang peneliti robot bernama David Levy dari University of Maastricht mengungkapkan hal yang sama. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Levy, manusia di masa depan bukan hanya melakukan hubungan seksual dengan robot, tapi juga bisa jatuh cinta dengan robot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.