Kompas.com - 09/02/2016, 12:11 WIB
Ilustrasi WWW.A2ZLIFESTYLE.COMIlustrasi
|
EditorLatief


KOMPAS.com
 – Bagaimana rasanya ketika Anda menyentuh pipi balita? Pasti terasa lembut, halus, dan kenyal, bukan? Rahasianya ada pada kandungan hyaluronic acid (HA).

Sekitar 70 persen tubuh kita terdiri dari air. Saat masuk ke dalam tubuh, air harus ditangkap dan diikat agar bisa diolah. Inilah tugas utama HA.

Zat yang secara alami diproduksi tubuh ini dapat ditemukan di seluruh jaringan, termasuk di kulit ari (epidermis) dan jaringan ikat di bawahnya (dermis). Di sini HA mengisi celah kosong dan membantu memperbaiki sel-sel rusak agar kulit tetap elastis dan terhindar dari kerutan dini.

Semua orang, tanpa kecuali, pasti memiliki HA yang membuat kulit halus dan kenyal. Hanya saja, pada kulit anak-anak jumlahnya masih berlimpah. Seiring pertambahan usia, kemampuan tubuh memproduksi zat ini akan berkurang.

Di usia 20-an, misalnya, jumlah HA tinggal 80 persen. Angka ini kemudian turun drastis menjadi 65 persen dalam waktu 5 tahun. Saat memasuki usia 50 tahun, kandungan HA ada di kisaran 45 persen. Konsekuensinya, kulit terasa lebih kering dan kurang elastis.

Selain faktor usia, lingkungan yang buruk, seperti polusi tinggi dan paparan langsung sinar matahari, bisa mempercepat proses penurunan kandungan HA. Bila tak ada upaya perawatan yang tepat, kulit jadi tampak lebih kusam, pucat, bahkan berbintik hitam atau berjerawat. Nah, apa yang harus dilakukan?

Bersihkan wajah 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bisa jadi, ini bukan kali pertama Anda mendapat tips untuk rutin membersihkan wajah pada malam hari. Sebagian dari Anda mungkin malah sudah memasukkannya dalam ritual perawatan kecantikan harian. Tapi, apakah caranya sudah tepat?

Merujuk penelitian di University of California-Irvine, seperti dikutip Huffingtonpost, sel kulit baru berkembang lebih cepat saat Anda terlelap pada malam hari. Jadi, Anda harus memanfaatkan momen ini semaksimal mungkin, jangan sampai salah langkah!

Pertama-tama, tangan memang merupakan alat paling mudah dan efektif untuk membersihkan wajah. Namun, tunggu sebentar. Sebelum tangan Anda menyentuh kulit wajah, pastikan dulu kebersihannya.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.