Kompas.com - 19/02/2016, 05:07 WIB
Kantor hijau tak hanya baik untuk mereduksi jumlah emisi karbon penyebab peningkatan suhu bumi, tetapi juga bisa meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas karyawan. THINKSTOCKPHOTOSKantor hijau tak hanya baik untuk mereduksi jumlah emisi karbon penyebab peningkatan suhu bumi, tetapi juga bisa meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas karyawan.
|
EditorLatief
KOMPAS.com – Bayangkan, suatu ketika Anda tiba di lingkungan kantor disambut udara segar pagi hari. Tak banyak kendaraan bermotor mengisi ruang parkir.

Udara pun segar. Sebabnya, sebagian besar karyawan datang menumpang angkutan umum atau naik sepeda. Plus, pepohonan rindang menempati 30 persen lahan kantor, memastikan pasokan oksigen sekaligus menghalau panas dari area perkotaan. Sejuk!

Itu adalah salah satu gambaran ketika tempat kerja sudah menjadi kantor "hijau" alias kantor ramah lingkungan. Perkantoran model ini tak hanya baik untuk mereduksi jumlah emisi karbon penyebab peningkatan suhu bumi, tetapi juga bisa meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas karyawan.

Penelitian Harvard Center for Health and the Global Environment, dikutip dari Science Daily, mengungkapkan bahwa bangunan kantor yang memiliki sirkulasi udara dan tumbuhan hijau berefek positif terhadap kemampuan kognitif karyawan.

Namun, tunggu dulu! Kantor ramah lingkungan tak hanya soal jumlah ruang hijau. Seluruh aktivitas dalam kantor juga harus mengarah pada gaya hidup yang tidak merugikan lingkungan atau meminimalkan dampak buruk kehadirannya terhadap lingkungan. Caranya?

Membangun kesadaran

Penerapan gaya hidup "hijau" tak selalu dianggap penting oleh semua orang, termasuk para karyawan di perkantoran. Karena itu, langkah pertama wajib dilakukan untuk mewujudkan kantor hijau adalah membangun kesadaran seluruh karyawan lewat kampanye gaya hidup ramah lingkungan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kampanye bisa dilakukan secara minimalis, tak perlu heboh, yang penting rutin dilaksanakan. Membuat brosur berisi infografis menarik tentang dampak kerusakan lingkungan, misalnya, bisa jadi pilihan.

Namun, ingat, kirimkan brosur itu lewat surat elektronik saja. Selain mengurangi limbah kertas, metode ini juga bisa jadi salah satu contoh penerapan gaya hidup ramah lingkungan bagi penghuni kantor.

Lalu, di tempat tertentu—seperti kamar mandi, wastafel, atau kulkas—tempelkan pesan lucu atau tips untuk menghemat energi. Contohnya, di pintu lemari pendingin bisa dituliskan pesan menyentil seperti "Jangan terlalu lama membuka pintuku ya, aku enggak mau kamu kedinginan".

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.