Kompas.com - 08/03/2016, 11:02 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com  International Women's Day atau dikenal pula sebagai International Working Women's Day dirayakan tahunan setiap tanggal 8 Maret.

Hari wanita sedunia ini lebih dari perayaan sebagai lahir ke dunia menjadi seorang wanita. Hari Wanita Internasional memiliki asal-usul dan tujuan yang menarik untuk disimak.

Hari Wanita Internasional kali pertama diselenggarakan pada tanggal 28 Februari 1909 di New York untuk mengenang protes besar-besaran dari serikat pekerja wanita di New York pada tahun 1908.

Barulah pada tahun 1911, Hari Wanita Internasional benar-benar diselenggarakan oleh beberapa negara, seperti Denmark, Austria, Jerman, dan Swiss.

Hari Wanita Internasional fokus pada isu-isu peran wanita di bidang ekonomi, politik, serta pencapaian sosial.

Sayangnya, Hari Wanita Internasional sempat tenggelam pasca tahun 1920-an, dan baru kembali dirayakan tahun 1960-an, setelah berkobarnya semangat feminisme.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun 1975, PBB mulai mensponsori Hari Wanita Internasional. 

Setiap tahunnya, Hari Wanita Internasional dirayakan dengan tema berbeda.

Tahun 2016 ini, Hari Wanita Internasional mengambil tema #PledgeForParity, yakni berfokus pada persamaan jender.

Situs resmi dari International Women's Day 2016, internationalwomensday.com menyebut bahwa tahun ini semua akan lebih fokus pada membantu wanita untuk meraih tujuan, mengimbau kepemimpinan dengan jender yang seimbang, menghormati perbedaan nilai, serta membangun budaya kerja yang lebih fleksibel dan inklusif demi mengubah bias di tempat kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.