Kompas.com - 13/03/2016, 11:19 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com –
Tiba saat bayi Anda mulai mengonsumsi makanan padat. Sebaiknya, Anda bersabar untuk tidak terburu-buru memperkenalkan si kecil dengan sejumlah makanan padat.

Uraian berikut adalah tiga kiat memberikan makanan padat pada bayi secara perlahan tapi pasti:

Kapan waktu yang tepat?
Perhatikan bayi Anda, apakah dia lebih tertarik dengan ketupat sayur yang Anda konsumsi saat sarapan ketimbang botol susunya? Bisa jadi, si kecil berusaha memberitahu Anda bahwa dia sudah siap dengan makanan padat.

“Biasanya, bayi mulai penasaran dengan makanan padat di kisaran usia lima bulan, lebih kurang lima bulan, tergantung dari bayi,” jelas Michael Dickinson, Canadian Paeditric Society (CPS) Spoke Person and Chief of Paediatrics dari Miramichi Reginal Hospital di New Brunswick, Kanada.

“Setelah enam bulan, ada sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan anak dari makanan padat. Jadi, pastikan saat bayi berusia enam bulan sudah memberikan bayi makanan padat,” imbuhnya.

Lalu, secara kekuatan fisik, Dickinson menganjurkan agar orangtua memastikan bayi sudah bisa duduk dan badannya sudah cukup kuat mengangkat serta mengontrol gerakan leher.

Makanan perdana
Departemen Kesehatan di Kanada merekomendasikan makanan padat pertama bayi sebaiknya kaya zat besi, seperti pureed meats, telur, tahu, dan kacang lentil.

“Zat besi adalah komponen penting untuk perkembangan otak bayi dan perkembangan sel darah merah,” jelas Dickinson.

Dickinson juga mengatakan sereal dengan kaya zat besi merupakan pilihan yang baik.

“Kami ingin memotivasi anak-anak untuk mengonsumsi makanan yang lebih variatif sedari usia dini,” terang Heather Lovelace, Ahli Gizi di BC Children’s Hospital, Kanada.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.