Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Malu Bicarakan Tentang Keuangan pada Pasangan Anda

Kompas.com - 21/03/2016, 07:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY


KOMPAS.com --
Banyak pasangan yang menggangap topik keuangan adalah hal yang tabu dalam suatu hubungan.

Sebenarnya, topik ini sangat penting dan harus dibicarakan. Apalagi jika Anda dan pasangan sudah memasuki tahap hubungan yang serius untuk mempersiapkan pernikahan.

Berikut adalah topik keuangan yang harus dibicarakan sebelum menikah:

1. Pola pengeluaran dan menabung
Bertukar pikiran mengenai cara menabung dan pengeluaran tiap bulan dapat membantu Anda dan pasangan untuk mempersiapkan pesta pernikahan yang tak murah.

Selain itu, Anda dan pasangan juga menjadi tahu bagaimana pola pasangan menggunakan uang mereka. Apakah bijak atau boros.

2. Jumlah hutang
Jangan anggap remeh masalah utang piutang. Sebelum menikah, ketahui dengan jelas apakah calon pasangan seumur hidup Anda terbelit utang atau tidak.

Jika dia terbelit hutang dengan jumlah yang cukup besar, cobalah cari jalan keluar yang terbaik. Jangan sampai Anda mengetahui hal ini setelah menikah.

3. Membeli rumah
Pasangan yang sudah mapan dan telah memiliki rumah impian, mungkin topik ini dapat dilewati.

Namun, bagi pasangan yang sedang membangun impian bersama, jelas topik membeli rumah ini harus dibicarakan. Diskusikan metode membeli rumah serta kemampuan masing-masing dalam membeli rumah masa depan.

4. Pengeluaran untuk anak
Tak ada salahnya untuk berdiskusi mengenai jumlah anak saat menikah kelak. Sebab, jumlah anak berpengaruh pada pengeluaran saat membina rumah tangga.

Berkompromilah dengan keinginan masing-masing, lalu tentukan jumlah anak yang menurut Anda dan pasangan ideal.

5. Iuran bulanan rumah tangga
Pos pengeluaran yang satu ini juga tak boleh lupa dibicarakan. Diskusikan dengan pasangan siapa yang akan membayar iuran bulanan saat menikah, siapa yang mengontrol, dan bagaimana cara Anda berdua membiayai hobi masing-masing. Ini adalah hal detail yang penting dalam membina rumah tangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com