Kompas.com - 27/03/2016, 21:35 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Bertekuk sebelah lutut saat melamar pujaan hati merupakan gestur romantis yang telah menjadi tradisi para pria hampir di seluruh dunia.

Tak pelak, pose ini juga dilambangkan menjadi pose sebuah lamaran yang tulus dan penuh cinta bagi wanita.

Bukan tanpa sebab, pose ini diterapkan oleh para pria saat melamar. Sebab, ada beberapa versi alasan pose bertekuk sebelah lutut menjadi pose andalan untuk melamar kekasih, seperti berikut ini:

1. Agama
Ketika berdoa, banyak orang yang berlutut untuk menandakan rasa hormat dan percaya akan kekuatan yang memiliki kuasa lebih besar ketimbang dirinya. Jadi, sama halnya dengan melamar yang berarti menawarkan rasa hormat dan merelakan hidup bagi orang tercinta.

2. Tradisi minta maaf
Saat meminta maaf, tradisi zaman lampau mengharuskan seseorang untuk bertekuk lutut untuk menyatakan kesungguhannya.

3. Pemberian gelar kehormatan
Di Inggris, pemberian gelar kehormatan kesatria dilakukan dengan menekuk kedua lutut. Hal ini juga menjadi versi lamaran yang dilambangkan dengan rasa hormat.

4. Praktis
Jauh dari semua versi yang ada, menekuk lutut adalah alasan praktis agar cincin lamaran dapat memiliki jarak pandang yang mudah dilihat oleh pasangan.

5. Mencerminkan ketulusan
Saat melamar dengan menekuk sebelah lutut menunjukkan bahwa pasangan tersebut sepenuhnya hormat dan percaya menyandarkan hidup bersama pasangan.

Pose ini, selain romantis, juga dianggap penuh dengan ketulusan karena dengan rela berada di posisi bawah pasangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.