Kompas.com - 28/03/2016, 11:02 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Jika Anda merasa sering merasa letih pada waktu sore saat di kantor, bisa jadi penyebabnya adalah kebiasaan bermain ponsel pintar saat makan siang.

Sebuah studi di Korea Selatan menyimpulkan bahwa karyawan yang bermain ponsel selama istirahat makan siang berpotensi mengalami tubuh sangat lelah ketika waktu bergerak menuju sore.

Namun, mereka yang menghabiskan waktu makan siang berinteraksi dengan rekan kerja, olahraga ringan, dan membaca buku, tidak merasakan letih menjelang waktu kerja berakhir di kala senja atau malam.

Kondisi ini, menurut penelitian, bisa jadi karena energi mental karyawan yang bermain ponsel menurun drastis karena sinar dari layar ponsel.

Selain itu, peneliti juga mengatakan bahwa posisi kepala menunduk dan mata menatap layar ponsel menyebabkan tubuh dalam posisi tegang terlalu lama.

Oleh karena itu, para peneliti Korea Selatan tersebut menganjurkan agar saat istirahat makan siang, para karyawan juga beristirahat dari ponsel masing-masing.

Bercakap-cakap dan tertawalah bersama rekan kerja. Sebab, komunikasi langsung bisa membuat tubuh Anda kembali segar dan kepala pun lebih ringan setelah mendengar lelucon segar dari teman.

Penelitian ini melibatkan 425 karyawan pria dan wanita. Seluruh kegiatan responden saat makan siang diteliti dan dimonitor oleh para periset.

Seluruh responden harus melaporkan kondisi tubuh dan pikiran setelah makan siang.

Setengah dari responden mengatakan memilih bermain ponsel pintar saat makan siang dan merasakan tubuh kehilangan energi saat sore hari.

Sebaliknya, mereka yang tidak bermain ponsel saat makan siang merasa tetap kuat dan semangat bekerja meski hari sudah sore.

Para peneliti dari Korea Institute for Research and Behavioural mengatakan bahwa bermain ponsel yang meliputi media sosial, membalas surel, mendengarkan musik, dan chatting memang efektif dalam meluruhkan energi seseorang sehingga mengakibatkan mudah lelah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.