Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Ponsel Saat Makan Siang, Tubuh Cepat Lelah pada Sore Hari

Kompas.com - 28/03/2016, 11:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com — Jika Anda merasa sering merasa letih pada waktu sore saat di kantor, bisa jadi penyebabnya adalah kebiasaan bermain ponsel pintar saat makan siang.

Sebuah studi di Korea Selatan menyimpulkan bahwa karyawan yang bermain ponsel selama istirahat makan siang berpotensi mengalami tubuh sangat lelah ketika waktu bergerak menuju sore.

Namun, mereka yang menghabiskan waktu makan siang berinteraksi dengan rekan kerja, olahraga ringan, dan membaca buku, tidak merasakan letih menjelang waktu kerja berakhir di kala senja atau malam.

Kondisi ini, menurut penelitian, bisa jadi karena energi mental karyawan yang bermain ponsel menurun drastis karena sinar dari layar ponsel.

Selain itu, peneliti juga mengatakan bahwa posisi kepala menunduk dan mata menatap layar ponsel menyebabkan tubuh dalam posisi tegang terlalu lama.

Oleh karena itu, para peneliti Korea Selatan tersebut menganjurkan agar saat istirahat makan siang, para karyawan juga beristirahat dari ponsel masing-masing.

Bercakap-cakap dan tertawalah bersama rekan kerja. Sebab, komunikasi langsung bisa membuat tubuh Anda kembali segar dan kepala pun lebih ringan setelah mendengar lelucon segar dari teman.

Penelitian ini melibatkan 425 karyawan pria dan wanita. Seluruh kegiatan responden saat makan siang diteliti dan dimonitor oleh para periset.

Seluruh responden harus melaporkan kondisi tubuh dan pikiran setelah makan siang.

Setengah dari responden mengatakan memilih bermain ponsel pintar saat makan siang dan merasakan tubuh kehilangan energi saat sore hari.

Sebaliknya, mereka yang tidak bermain ponsel saat makan siang merasa tetap kuat dan semangat bekerja meski hari sudah sore.

Para peneliti dari Korea Institute for Research and Behavioural mengatakan bahwa bermain ponsel yang meliputi media sosial, membalas surel, mendengarkan musik, dan chatting memang efektif dalam meluruhkan energi seseorang sehingga mengakibatkan mudah lelah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com