Kompas.com - 31/03/2016, 10:25 WIB
Salah satu pesawat milik maskapai Air Asia. AFP/GettySalah satu pesawat milik maskapai Air Asia.
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Profesi pilot selama ini selalu identik dengan kaum pria, padahal tak sedikit wanita yang berkecimpung dalam dunia kemudi pesawat terbang.

Alhasil, selama ini seragam pilot selalu nampak serupa, yakni terkesan maskulin dan profesional.

Air Asia, sebagai maskapai penerbangan yang mempekerjakan cukup banyak pilot wanita, akhirnya melakukan gebrakan dengan menrancang ulang seragam bagi para pilot wanita.

"Ada beberapa pilot wanita yang datang ke saya dan bilang mereka merasa seperti seorang pria saat mengenakan seragamnya, karena mereka mengenakan seragam yang sama persis dengan seragam pilot pria," ujar Aireen Omar, Chief Executive Officer of Air Asia Berhad, yang ditemui di acara jumpa pers Air Asia Runaway Ready Designer Search (AARRDS) di Kuala Lumpur, Malayasia, Selasa (29/3/2016) kemarin.

Berdasarkan pengalaman tersebut, Aireen pun merekrut finalis dari ajang kompetisi desainer Air Asia (AARRDS) untuk merancang seragam khusus bagi para pilot wanita.

"Modelnya tak akan terlalu jauh dengan seragam pilot pria. Modelnya harus tak termakan waktu (timeless) karena mereka semua masih sangat muda dan saya yakin mereka akan bersama kami dengan waktu yang lama. Modelnya tentu harus klasik, supaya bisa terus dipakai apabila mereka nanti berusia 40 atau 50 tahun," tutur Aireen.

Seragam pilot wanita yang klasik, berkelas, chic, dan bergaya, kata Aireen, akan segera hadir untuk dikenakan oleh para pilot wanita Air Asia tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.