Kompas.com - 05/04/2016, 09:35 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

 

KOMPAS.com – Wawancara kerja acap kali membuat seorang calon karyawan merasa panik dan grogi, apalagi jika tidak dipersiapkan dengan optimal.

Oleh karena itu, sebelum melakukan kerja di perusahan idaman Anda, luangkanlah waktu untuk melatih jawaban, menyiapkan busana, dan mengasah pengetahuan untuk menghasilkan ide-ide brilian.

Namun, perkara sibuk dan kebiasaan menyepelekan kesempatan, banyak calon karyawan yang harus begitu saja kehilangan pekerjaan impian.

Berikut tiga kesalahan yang sering dilakukan saat tahap seleksi dan wawancara:


1. Tidak konsentrasi dalam menyerap informasi kala negosiasi gaji

Negosiasi gaji merupakan tahap penting saat wawancara kerja. Tak jarang, tahapan ini acap kali berjalan alot.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk benar-benar serius dalam membicarakan gaji dengan perusahaan, terutama berkaitakan dengan asuransi kesehatan, cuti, dan fasilitas lain yang dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.

2. Jangan takut ungkapkan gagasan

Salah satu daya tarik utama bagi perusahaan adalah seorang calon karyawan yang memiliki gagasan dan ide segara ketika sesi wawancara.

Sebab, hal tersebut memperlihatkan sosok yang kreatit, inisiatif, dan minat tinggi terhadap bidang pekerjaan.

3. Sembarang memilih busana
Kesan pertama akan bertahan sangat lama, meskipun Anda bekerja di lingkungan perusahaan yang kasual dalam hal berbusana. Saat bekerja, sebaiknya hindari berbusana terlalu santai dan sembrono.

Tidak ada salahnya mengenakan blazer dan menata rambut sebelum tiba melakukan wawancara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.