Kompas.com - 11/04/2016, 19:35 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Menghadapi krisis energi di negaranya, Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengimbau rakyatnya untuk menghemat listrik.

Sejumlah imbauan diberikan oleh Maduro, mulai dari mengeringkan cucian dengan sinar matahari ketimbang pengering mesin cuci, meningkatkan suhu air pendingin ruangan, sampai meminta penduduk wanita Venezuela mengeringkan rambut secara alami tanpa bantuan hair dryer atau alat pengering rambut. 

"Aku selalu berpikir jika wanita terlihat lebih cantik saat dia memainkan jarinya di rambut dan membiarkan kering secara alami. Itu adalah ide dariku," ujar Maduro.

Imbauan Maduro tersebut nyatanya tak dapat diterima oleh seluruh rakyatnya.

Seorang wanita Venezuela mengatakan, "Jika presiden berpikir kalau kami tak perlu mengeringkan rambut dengan hair dryer, maka permasalahannya jauh lebih serius dari yang kami kira."

Saat ini Venezuela sedang mengalami krisis energi yang cukup parah. Sekitar 70 persen listrik di Venezuela dibangkitkan PLTA yang berasal dari tenaga sungai Caroni. Masalahnya, sudah beberapa minggu ini sungai Caroni mengalami penurunan debit air yang cukup signifikan hingga mengancam operasional PLTA.

Pemerintah Venezuela bahkan meliburkan semua pekerja di Venezuela selama seminggu penuh pada Maret lalu, memotong ratusan jam operasional 100 mal di seluruh negara, dan membuat hari Jumat sebagai hari libur pekerja sektor publik selama 60 hari ke depan.

Semua upaya itu dilakukan demi mengatasi krisis energi di Venezuela.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.