Kompas.com - 22/04/2016, 16:31 WIB
Ilustrasi liburan dengan keluarga SHUTTERSTOCKIlustrasi liburan dengan keluarga
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Hari Bumi adalah momen tepat bagi Anda untuk mengajarkan pada si kecil betapa pentingnya melestarikan lingkungan lewat tindakan nyata.

Sedari dini, sadarkan anak betapa pentingnya menjadi generasi penerus yang menjaga  bumi senantiasa dalam kondisi baik.

Berikut kiat untuk mengajarkan anak pentingnya merawat bumi sekaligus menjalin hubungan berkualitas dengan sang buah hati di Hari Bumi:

1. Jadi panutan anak
Anda tentu sadar jika anak belajar langsung dari apa yang diperbuat oleh orangtuanya. Jadi, jangan hanya memberi nasihat pada anak, tetapi juga tunjukkan aksi untuk mencintai bumi dengan tidak menyia-nyiakan air, mematikan lampu jika tak diperlukan, melakukan daur ulang, meminimalisir penggunaan kendaraan, dan masih banyak lainnya.

2. Sadarkan jiwa cinta lingkungan pada anak
Sadarkan anak tentang keterbatasan sumber daya, kepunahan flora dan fauna, serta akibat dari hal tersebut.

Cara paling mudah adalah dengan mengajak anak menonton film bersama mengenai lingkungan, mencari sumber di internet, pergi ke kebun binatang, museum, atau taman botanika terdekat agar anak dapat bertanya langsung pada pakarnya.

3. Ajarkan anak untuk memberi kontribusi bagi bumi
Saatnya bagi Anda dan keluarga menjadi sukarelawan untuk kelestarian bumi. Kontribusi dapat dilakukan dengan kelompok kecil, seperti komunitas daur ulang, penggalangan dana untuk hewan dan lingkungan, penanaman tumbuhan obat di lingkungan tempat tinggal, atau mengumpulkan sampah daur ulang bersama komunitas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber SheKnows
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.