Kompas.com - 25/04/2016, 09:05 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Wanita adalah kaum yang rentan mengalami pelecehan di dunia maya. Menurut data Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), lebih kurang 95 persen netizen wanita mengalami pelecehan di media sosial. 

Selain itu, sudah banyak kasus di dunia maya yang menjadikan wanita sebagai korban pelecehan. Parahnya tubuh atau seksualitas dari wanita adalah hal yang paling sering diserang oleh haters, meski sama sekali tak ada hubungan dengan ide atau kalimat yang dipaparkan oleh wanita tersebut.

Jika mengalami pelecehan di dunia maya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan menurut Dhyta Caturani, aktivis dari Puple Code yang bergerak di bidang kesetaraan jender secara langsung atau di ranah teknologi serta penegakan HAM, yang ditemui di acara #PositionOfStrength oleh Twitter Indonesia, di Kekinian, Cikini, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Cara pertama, menurut Dhyta, adalah capture dan simpan semua pelecehan yang ditujukan pada Anda sebagai bukti.

Selanjutnya, Anda dapat mengambil langkah yakni melaporkan atau memblokir akun tersebut jika dianggap menggangu keamanan.

Lalu, apabila Anda masih dapat mentoleransi, abaikan atau mute akun media sosial pelaku pelecehan di media sosial.  

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari aturan privasi pada tiap media sosial.

Nah, untuk menghindari tindak lanjut kekerasan di media sosial, jangan pernah membagikan identitas pribadi di media sosial. Anda bisa menggunakan fitur geotagging atau pengumuman lokasi secara bijak.

Ingat, jangan sembarang mengumumkan lokasi Anda di media sosial. Terakhir, tentunya,  jangan sesekali berbagi password media sosial pada siapapun, meski itu pasangan Anda sendiri.   

  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.