Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2016, 10:05 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

 

KOMPAS.com -- Mantan Secretary of State, Hillary Clinton, berhasil mengumpulkan 2.4 juta dollar atau setara dengan Rp 3,2 miliar donasi kampanye dalam tiga hari dan memecahkan rekor sebelumnya.

Oleh karena itu, kandidat presiden perempuan pertama Amerika Serikat ini harus berterimakasih pada pesaingnya, Donald Trump.

"Jika Hillary Clinton seorang pria, aku rasa dia tidak akan mendapat lima persen dari hasil pemilihan," kata Trump dalam pidato kemenangannya minggu lalu.

Kemudian, kandidat dari partai republika ini menambahkan, "satu-satunya hal yang dia punya adalah woman’s card,” imbuhnya.

Woman’s card yang dimaksud Trump adalah sindiran menjatuhkan Clinton karena dia seorang wanita.

Clinton segera merespon, "Jika berjuang untuk perawatan kesehatan wanita, cuti keluarga dan upah yang setara adalah bermain kartu wanita, anggap saja aku begitu!”.

Dalam hitungan jam, tim kampanye Clinton merilis Woman Card yang berarti kartu wanita dan membagikannya untuk donatur satu dollar atau lebih kurang Rp 13.300 lebih. Kartu tersebut juga bertuliskan, "Selamat! Anda termasuk dalam mayoritas."

Kemudian, mereka mengirimkan email untuk menggalang dana kampanye yang berisi, "dapatkan Woman Card anda hari ini, dan mari tunjukan Trump dan Republican dengan siapa mereka bersaing,”.

Hasilnya, mengejutkan! Sebab,  antara tanggal 28 hingga 30 April 2016, lebih dari 115.000 orang membuat donasi dan 40 persen dari mereka adalah donatur untuk kali pertama.

Ternyata, komentar tidak menyenangkan bisa membawa keuntungan, tentunya bila Anda dapat membuatnya jadi kesempatan berkampanye seperti yang dilakukan oleh Clinton.

Selama berkampanye menuju kursi kepresidenan, Trump sering sekali menunjukkan sikap misoginis, seperti merendahkan kedudukan wanita dan membuat guyonan cabul mengenai ketertarikan seksual terhadap anak perempuannya sendiri.

Misoginis adalah sikap atau prinsip membenci wanita atau anak perempuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.