Kompas.com - 09/05/2016, 19:01 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Menikah adalah sebuah keputusan besar dalam hidup. Menurut psikolog sekaligus salah satu pendiri yayasan Pulih, Livia Iskandar, kebahagiaan seorang wanita 90 persennya dipengaruhi oleh keputusannya dalam memilih pasangan hidup.

Sebab, menurut data dari Komnas Perempuan menunjukan jika setiap hari ada 35 wanita Indonesia yang mengalami kekerasan, dan satu dari tiga kekerasan terhadap wanita dilakukan oleh pasangannya sendiri.

Livia, dalam acara peluncuran kampanye #MulaiBicara dan #TalkAboutIt yang diselenggarakan oleh Magdalene, Lentera Indonesia, dan Binus University di Fx Mall, Jakarta, beberapa waktu lalu, menyarankan, para wanita muda untuk tak dibutakan oleh cinta dan mempertimbangkan betul calon pasangan hidup semasa pacaran.

"Saat pacaran lebih mudah melakukan intervensi. Paham akan hak dan hubungan yang sehat," ungkap Livia. 

Dia mengatakan, ketika masa pacaran dipenuhi dengan intimidasi seperti sifat yang posesif, sebenarnya hubungan sudah tak sehat.

"Banyak perempuan muda yang berpikir ini karena cinta maka posesif. Padahal, nanti setelah menikah...," ungkap Livia dilanjutkan dengan tertawa.

Alarm bagi para wanita muda adalah ketika melihat pasangan tak menghormati privasi dengan memata-matai segala kegiatan termasuk di media sosial. Kemudian, memaksa bertanya dan emosi bila tak dijawab, juga tak memperbolehkan pergi ke suatu tempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, kesalahan utama para wanita muda adalah saat memiliki pasangan dengan "alarm" di atas, wanita muda justru masih berkompromi dan berpikir bahwa pasangan dapat berubah.

"Jangan mau jadi martir. Bisa berubah sedikit tapi tak ada perubahan yang ekstrim," ungkap Livia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.