Kompas.com - 11/05/2016, 17:05 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com — Biarkan anak Anda bebas bermain dengan imajinasinya. Namun, terkadang imajinasi ini dapat menjadi mimpi buruk pada waktu si kecil tidur.

Nah, sebagai orangtua, tentunya Anda bertugas untuk menenangkan kala si kecil dilanda mimpi buruk.

Umumnya, anak balita yang berusia tiga tahun sering dilanda mimpi buruk atau rasa takut gelap. Pada usia tersebut, imajinasi anak sangatlah tinggi.

"Anak-anak yang belum sekolah cenderung memiliki kesulitan dalam membedakan antara realita dan fantasi. Misalnya, mereka takut monster yang bersembunyi di bawah tempat tidur atau di dalam lemari," kata Kim West, LCSW, alias "The Sleep Lady," seorang terapis anak dan keluarga dan juga penulis Good Night, Sleep Tight.

Sementara itu, anak-anak yang sudah duduk di sekolah dasar memiliki kekhawatiran pada peristiwa yang aktual, seperti badai, cedera, atau kebakaran.

"Kadang kala, anak-anak bisa jadi ketakutan terhadap dunia luar yang masuk ke dunia mereka sendiri yang bisa berarti mereka khawatir tentang pencuri," kata West.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membantu si kecil menaklukkan ketakutannya dan tidur dengan nyaman. Berikut ini adalah cara menenangkan anak ketika mendapat mimpi buruk dalam tidurnya:

1. Lampu tidur

Berikan anak Anda lampu khusus ketika tidur. Sebab, hal ini akan membantu anak tidak terlalu khawatir dan memberikan ketenangan dalam suasana yang gelap.

2. Ngobrol dengan si kecil

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Parenting
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.