Kompas.com - 01/06/2016, 12:44 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Perputaran roda hidup tak bisa ditebak. Culun atau tidaknya seseorang akan tergambar dari pilihannya saat kepepet menghadapi perubahan hidup, seekstrem apa pun itu. Butuh bukti?

"Saya merasa amat malu," ungkap Sarah Pittendrigh (44 tahun), mengawali kisahnya yang diangkat situs web Dailymail edisi Kamis (3/12/2015).

"Tiba-tiba hidup saya berbalik (dari memiliki penghasilan sendiri), menjadi penerima tunjangan (penggangguran dari pemerintah)," lanjut Sarah.

Sarah adalah "single mum" alias seorang ibu yang sendirian membesarkan anaknya, William.

"Saya tak boleh terpuruk, saya masih punya tanggungan anak," tekad Sarah.

Saat ini, Sarah adalah seorang mumpreneur, sebutan bagi ibu yang menjadi pengusaha, asal Inggris. Kisah ini adalah awal perjalanan Sarah membangun usaha dari nol sambil tetap membesarkan William sendirian.

Perjalanan Sarah dimulai pada Agustus 2008, ketika usaha event organizer miliknya gulung tikar. Sarah bahkan kehilangan rumah, tempat ia tinggal bersama sang buah hati.

Namun, saat "kepepet", manusia memang bisa mendadak jadi makin kreatif. "Saya tiba-tiba teringat, adik lelaki saya sedang mencari sarung kursi dan taplak meja untuk pernikahannya," kenang Sarah.

Malam itu, Sarah begadang menulis rencana bisnis baru, menjadi perancang sarung kursi khusus pernikahan atau event tertentu. Sebuah rencana untuk membangun lagi hidupnya mulai dirancang.

Meski begitu, memulai bisnis dari nol tetap saja bukan hal mudah. Berbagai halangan mengadang Sarah. Saat itu, boro-boro mendapat pinjaman uang, membuka rekening bank saja ia tak bisa saking bangkrut-nya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.