Kompas.com - 08/06/2016, 14:55 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Banyak hal lucu dan menarik ketika Anda bersama sahabat melakukan banyak hal, seperti saling bercerita mengenai hal yang menggembirakan atau pun hal sedih.

Namun, pernahkah Anda merasa iri dan cemburu dengan sahabat Anda, atau membandingkan diri Anda dengan sahabat?

Seorang psikolog, Nicole Martinez, Psy.D, LCPC, mengatakan bahwa banyak hal yang menjadi penyebab dalam kecemburuan, seperti kurang percaya diri, merasa ketakutan, ketergantungan, posesif, masalah kepercayaan, dan perilaku masa lalu dalam persahabatan Anda.

Pada dasarnya, kecemburuan ini terasa negatif dan mengerikan. Ini dia, beberapa hal agar Anda ikut senang ketika sahabat Anda mendapatkan kesuksesan.

1. Mengakui bahwa Anda iri atau cemburu

Jika Anda merasa iri terhadap sahabat, akui saja. Sebab merasa iri merupakan hal yang normal.

Penelitian telah menemukan bahwa menekan rasa cemburu itu sangat tidak efektif dan bisa meningkatkan frekuensi dari tekanan tersebut.

2. Kebahagiaan itu tidak menyakiti Anda

Mungkin benar adanya bahwa hidup di dunia ini tergolong kompetitif. Namun, ingat ini adalah kebahagiaan sahabat Anda, dan tidak menutup kemungkinan bahwa Anda pun akan berbahagia.

3. Lihat sumber utama dari rasa iri atau cemburu ini

Halaman:


Video Pilihan

Sumber bustle.com
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.