Kompas.com - 23/06/2016, 04:06 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com – Ketika seorang ibu sedang menjalani kehamilan atau pun sedang menyusui, biasanya kebanyakan dari mereka diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

Sebab, ketika hamil dan menyusui, seorang ibu butuh asupan lebih untuk menjaga kesehatan anak mereka.

Namun, bagi mereka yang berpuasa saat hamil dan menyusui, secara tidak langsung mereka juga mengajarkan anaknya berpuasa sejak dini.

“Ketika seorang yang hamil berpuasa maka bayi dalam kandungannya ikut berpuasa. Ketika ibu menyusui itu berpuasa maka anak yang disusui juga berpuasa,” ujar seorang ustadz yang biasa disapa Kang Ozan kepada Kompas.com saat ditemui dalam sebuah acara dari Yayasan Hijab Indonesia di Jakarta, Sabtu (18/6/2016).

Dia melanjutkan, “Anak bisa dilatih sejak dini, walaupun wajib berpuasa adalah setelah akil baligh."

Jadi, seperti yang dikatakan oleh Kang Ozan, berpuasa saat hamil dan menyusui memiliki manfaat untuk melatih anak berpuasa, di samping menjalankan ibadah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.