Kompas.com - 01/07/2016, 14:23 WIB
Ilustrasi ketiak ShutterstockIlustrasi ketiak
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com – Bagi kebanyakan wanita, memiliki ketiak hitam akan menurunkan rasa percaya diri mereka. Sebab, mereka merasa percuma jika memiliki kulit yang mulus dan cerah, tetapi memiliki ketiak yang hitam.

Beberapa wanita masih bingung mengapa ketiak mereka menjadi hitam. Sebelum Anda mengobatinya, maka Anda harus mengetahui penyebab utama masalah tersebut.

Penyebab dari menghitamnya ketiak ini disebutkan beberapa oleh Dr. Nanang Masrani, Dipl. AAAM.

“Diantaranya trauma gesekan, bahan deodoran, dan hormonal,” ujarnya kepada Kompas.com saat ditemui di Gloskin Aesthetic Clinic Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa bagian-bagian tubuh yang berbentuk lipatan, seperti ketiak, sangat riskan dengan trauma gesekan.

Seperti halnya jika Anda menggunakan busana yang sangat ketat sehingga menimbulkan gesekan pada ketiak. Ini membuat ketiak tampak lebih gelap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, Dr. Nanang membahas bahan deodoran.

Jika seandainya seseorang yang memiliki kulit yang sensitif atau alergi memakai deodoran, kulit ketiak akan merespon dan menimbulkan kemerahan sehingga terjadi kehitaman.

Penyebab lainnya adalah karena hormon dari individu itu sendiri. Dr. Nanang pun menjelaskan bahwa ada hormon tertentu yang memengaruhi pigmentasi pada ketiak, dan membuatnya terlihat lebih gelap.

Untuk itu, jika Anda mengalami ketiak yang menghitam, maka yang paling utama dilakukan adalah mencari penyebabnya agar Anda tahu cara memperbaikinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.