Kompas.com - 01/07/2016, 20:04 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com – Wanita berlomba-lomba untuk memiliki kulit yang cerah dan sehat. Untuk itu, mereka merawat kulitnya melalui berbagai macam perawatan dokter dan juga perawatan yang alami.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa walaupun Anda telah bersusah payah melakukan berbagai macam perawatan, tetapi merokok maupun berada di lingkungan orang yang merokok dapat merusak kulit.

“Karena rokok merupakan zat radikal bebas, maka itu dapat mempengaruhi kesehatan kulit,” ujar Dr. Nanang Masrani, Dipl. AAAM,  kepada Kompas.com saat ditemui di Gloskin Aesthetic Clinic Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Menurut Dr. Nanang, merokok akan membuat kulit Anda kusam, walaupun Anda sudah bersusah payah untuk membuat kulit menjadi lebih cerah.

Selain itu juga, merokok juga bisa merusak kolagen yang mengakibatkan kulit Anda akan lebih cepat kendur, serta menimbulkan jerawat pada wajah, terutama bila Anda tidak membersihkan wajah dengan tepat.

Lalu, walaupun hal-hal di atas adalah efek jangka pendek, Dr. Nanang juga mengatakan bahwa rokok memiliki efek jangka panjang yaitu bisa menyebabkan penyakit kanker.

Untuk itu, bagi Anda yang masih merokok, sebaiknya dikurangi dan dihindari. Sebab, sangat disayangkan jika perawatan yang Anda lakukan selama ini sia-sia dan malah membuat kulit semakin tidak sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.