Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hobi Merokok Sebabkan Kulit Kusam dan Cepat Tua

Kompas.com - 01/07/2016, 20:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Wanita berlomba-lomba untuk memiliki kulit yang cerah dan sehat. Untuk itu, mereka merawat kulitnya melalui berbagai macam perawatan dokter dan juga perawatan yang alami.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa walaupun Anda telah bersusah payah melakukan berbagai macam perawatan, tetapi merokok maupun berada di lingkungan orang yang merokok dapat merusak kulit.

“Karena rokok merupakan zat radikal bebas, maka itu dapat mempengaruhi kesehatan kulit,” ujar Dr. Nanang Masrani, Dipl. AAAM,  kepada Kompas.com saat ditemui di Gloskin Aesthetic Clinic Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Menurut Dr. Nanang, merokok akan membuat kulit Anda kusam, walaupun Anda sudah bersusah payah untuk membuat kulit menjadi lebih cerah.

Selain itu juga, merokok juga bisa merusak kolagen yang mengakibatkan kulit Anda akan lebih cepat kendur, serta menimbulkan jerawat pada wajah, terutama bila Anda tidak membersihkan wajah dengan tepat.

Lalu, walaupun hal-hal di atas adalah efek jangka pendek, Dr. Nanang juga mengatakan bahwa rokok memiliki efek jangka panjang yaitu bisa menyebabkan penyakit kanker.

Untuk itu, bagi Anda yang masih merokok, sebaiknya dikurangi dan dihindari. Sebab, sangat disayangkan jika perawatan yang Anda lakukan selama ini sia-sia dan malah membuat kulit semakin tidak sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com