Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Hal Ini Sebelum Ajak Anak Menonton di Bioskop

Kompas.com - 02/07/2016, 08:10 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Memasuki liburan sekolah, salah satu pengalaman baru yang dapat Anda kenalkan pada putra atau putri kecil Anda adalah menonton film di bioskop.

Terutama dengan banyaknya film anak-anak yang akan segera masuk ke bioskop, pengalaman pertama anak menonton bioskop bisa jadi menyenangkan atau malah menjadi stres bagi Anda dan anak.

Oleh karena itu, jika ini adalah pertama kalinya anak Anda ke bioskop, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut agar pengalaman menonton ini sukses:

1. Pastikan anak Anda siap

Kesiapan anak ini dapat dilihat dari usianya. Biasanya anak-anak sudah bisa untuk diajak menonton di bioskop di usia tiga atau empat tahun. Selain itu, pastikan bahwa anak tidak sensitif terhadap suara keras atau takut gelap.

2. Pilih film yang sesuai

Jika mengajak anak menonton bioskop pertama kali, usahakan untuk mencari film yang seru dan sesuai dengan usia anak, misalnya saja seperti kartun atau animasi. Melalui pilihan film yang tepat, anak Anda akan merasa terhibur dan betah duduk dalam bioskop.

3. Lewatkan iklan dan trailer.

Sebelum film utama dimulai, bioskop biasanya memutaar iklan. Sebaiknya iklan dilewatkan saja. Sebab, anak di bawah usia delapan tahun belum bisa membedakan antara iklan dengan konten utamanya.

4. Rencanakan dengan benar

Selain memilih film yang sesuai, pastikan anak diberi makan dan minum dengan baik. Anda bisa membelikan mereka popcorn atau permen sehingga mereka tidak rewel ketika berada di dalam bioskop.

5. Mengikuti arus

Anda bukanlah yang pertama dalam sejarah untuk meninggalkan bioskop dengan anak yang berteriak dan menangis.

Mungkin Anda merasa membuang-buang uang karena sudah membeli tiket, tetapi Anda tentunya tidak ingin memaksa anak menonton sesuatu yang tidak dia suka. Istirahat pendek bisa membuat anak Anda siap untuk mencoba menonton kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com