Kompas.com - 05/07/2016, 14:07 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com – Selama 20 tahun terakhir ini, puluhan studi mengkonfirmasi bahwa duduk bersama untuk makan malam ini baik untuk semangat, otak, dan tubuh.

Selain itu, makan malam bersama keluarga juga dapat meningkatkan perilaku remaja, kosakata pada balita, dan mengajarkan anak-anak cara makan yang sehat.

Namun, bila Anda masih belum yakin mengenai perlunya makan malam bersama, simaklah 5 alasan berikut:

1. Tidak harus setiap hari

Makan bersama tidak harus dilakukan setiap hari atau setiap malam. Setidaknya Anda dan keluarga bisa membuat komitmen untuk menentukan waktu makan bersama di mana semua orang berbagi makanan, bersenang-senang, dan berbicara tentang hal-hal yang penting.

2. Bermain dengan makanan Anda

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di era digital ini, anak-anak tidak terbiasa bermain dengan sesuatu yang bisa mereka pegang atau sentuh secara nyata. Ajaklah anak Anda memasak bersama, atau Anda bisa menyiapkan bahan-bahan salad sehingga keluarga Anda bisa bermain dan membuat salad sendiri.

3. Bisa dilakukan

Walaupun jadwal Anda dan anak-anak sangat sibuk, makan bersama bisa dilakukan dengan hanya menyisihkan waktu selama 30 menit saja.

4. Berbagi cerita

Meja makan adalah tempat terbaik untuk bercerita. Ajak anak Anda untuk menceritakan mengenai kesehariannya. Hal ini berfungsi untuk mempererat hubungan sekaligus melatih kemampuan menggunakan bahasa.

5. Kegiatan ini baik untuk Anda juga.

Jika dilakukan secara rutin, makan bersama bisa menjadi rutinitas untuk keluarga Anda. Dengan sibuknya kehidupan, mengetahui bahwa akan ada satu momen bersama keluarga setiap harinya bisa menjadi pegangan bagi Anda.



Sumber Parenting
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.