Kompas.com - 15/07/2016, 18:35 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Pelukan bukan hanya perwujudan kasih sayang, tetapi juga mengandung sejumlah manfaat positif untuk perkembangan fisik dan psikologi anak.

Anda yang masih memiliki bayi, jangan ragu untuk memberikan buah hati Anda pelukan yang tulus. Pasalnya, bayi yang sering dipeluk berpeluang besar tumbuh menjadi manusia dewasa dengan karakter positif.

Berikut ini beberapa manfaat pelukan yang mengoptimanlkan proses tumbuh kembang si kecil:

Menumbuhkan karakter hangat dan supel

Dalam buku berjudul Touch: The Science of Hand, Heart, and Mind, sang penulis Johns Hopkins dan seorang pakar syaraf otak bernama David Linden, menjelaskan bahwa sentuhan orangtua pada bayi menciptakan hubungan emosional yang positif.

“Sentuhan interpersonal tidak hanya baik untuk pertumbuhan anak di usia dini karena manfaat positifnya terus berlanjut dalam kehidupan sosial manusia. Selain itu, anak yang sering mendapat pelukan dari orangtua memiliki karakter yang hangat, mudah dipercaya, dan luwes dalam bekerjasama dengan orang lain,” jelas Linden.

Menumbuhkan sifat yang tenang

Menangis merupakan terapi yang baik untuk anak dan manusia dewasa. Sebab, menangis membuat hati yang tertekan menjadi lebih lega.

Seorang psikolog, Aletha Solter, menjelaskan bahwa manfaat memeluk bayi saat sedang menangis mengajarkan bayi untuk bisa menenangkan diri saat emosional tengah memuncak.

Cara ini pun akan berdampak baik pada bayi saat dewasa. Solter mengatakan bahwa pelukan orangtua saat bayi menangis membentuk karakter tenang dan bisa menenangkan orang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.