Kompas.com - 21/07/2016, 14:09 WIB
Gloria Steinem Gloria Steinem
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com — Di Indonesia, tidak banyak wanita yang mengenal Gloria Steinem. Padahal, wanita ini sudah menjadi ikon feminisme modern sejak '60-an.

Sebagai seorang jurnalis andal, Steinem menulis mengenai kontrasepsi, ketidaksetaraan upah, kejahatan terhadap wanita, dan lain-lain.

Wanita ini juga dikenal karena pernah menjadi jurnalis undercover sebagai salah satu kelinci majalah Playboy dan mengungkap sisi gelap dunia tersebut.

Kini, pada usianya yang ke-82, pelopor majalah feminis Ms Ini membagikan pelajaran hidupnya:

1. Pertahankan nama Anda

Menurut Steinem, wanita telah berjuang selama lebih dari 25 tahun agar pernikahan menjadi kemitraan yang setara. Oleh karena itu, wanita tidak seharusnya menyerahkan nama dan domisili mereka begitu saja.

"Tidak ada seorang pun yang pernah memanggil saya Ibu Bale. Jika mereka melakukan hal tersebut, saya akan berkata, 'Namaku adalah namaku dan namanya adalah namanya. Karena kamu tidak tahu, namaku adalah Gloria Steinem.'"

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Hiraukan penuaan

"Saya masih berusaha keras untuk mengerti arti mortalitas karena 80 tahun tidak ada bedanya dari 40 tahun. Hal ini masih mengejutkan saya ketika seseorang mengatakan bahwa saya 82 tahun," ujarnya.

3. Jangan buang-buang waktu

Halaman:


Sumber Dailymail
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.